Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Green Tourism, Rodalink Buka Layanan Sewa Sepeda

Kompas.com - 21/04/2023, 12:58 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com – Jaringan toko sepeda asal Indonesia Rodalink Indonesia berkomitmen mendukung sektor pariwisata lebih ramah lingkungan (green tourism) dan berkelanjutan (sustainable tourism) dengan meluncurkan Rodalink Bike Rent, layanan yang memungkinkan konsumen menyewa sepeda secara harian.

Penyewaan sepeda ini juga tidak lepas dari kampanye Rodalink sebagai “Home for Cyclists” yaitu wadah terbuka bagi semua kalangan untuk dapat bersepeda di mana saja dan kapan saja secara mudah.

Tujuannya sederhana, yaitu memasyarakatkan olahraga bersepeda dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga kesehatan jiwa dan raga.

Ide menghadirkan layanan sewa sepeda ini muncul seiring dengan tren setelah pandemi Covid-19 lalu yang mengubah segala aspek kehidupan, termasuk perilaku wisatawan saat merencanakan memilih destinasi dan cara untuk memutuskan untuk berlibur.

Sebelum pandemi, orang cenderung kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan, namun setelah pandemi mereka jauh lebih berhati-hati.

Marketing Communication & Customer Experience Rodalink Indonesia Regita Rahmanissa menyebut, program penyewaan sepeda ini juga upaya respon cepat dari Rodalink terhadap pengembangan green and sustainable tourism yang dianjurkan pemerintah,.

Pasalnya, berwisata menggunakan sepeda masih menjadi salah satu alternatif pilihan untuk menikmati alam dan udara segar.

Green and sustainable tourism yaitu konsep pariwisata berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan maupun manusianya.

“Tujuan penyewaan sepeda ini adalah mendorong masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan sekitar, terutama pada high season libur lebaran seperti ini melalui penggunaan sepeda untuk menjelajah area wisata atau kota," ujar Regita melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (19/04/2023).

"Melalui Rodalink Bike Rent, masyarakat tak perlu repot-repot lagi membawa sepedanya saat berwisata ke luar kota karena tinggal datang ke outlet Rodalink terdekat untuk menyewa sepeda,” .

Ilustrasi bersepeda Ilustrasi bersepeda
Layanan sewa sepeda ini bukanlah kali pertama digagas oleh Rodalink. Sebelumnya, program ini telah aktif sejak tahun lalu di outlet Rodalink Denpasar, mengingat Pulau Bali menjadi pilihan utama tujuan wisata baik staycation maupun work from anywhere (digital nomaden).

Memanfaatkan antusiasme masyarakat dalam momentum libur panjang lebaran 2023 yang umumnya dihabiskan untuk berwisata atau mengunjungi sanak saudara di kota lain, layanan sewa sepeda ini resmi dibuka di seluruh outlet Rodalink di Indonesia.

“Salah satu yang menjadi favorit saat berlibur adalah kegiatan bersepeda di tempat yang indah, berkeliling kota dan menjelajah area wisata sembari menghirup udara segar. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan sewa sepeda di 54 outlet kami yang tersebar di Indonesia, sehingga tetap bisa aktif bergerak dan bugar saat traveling,” terang Regita.

Dalam program ini, untuk berlangganan sepeda di Rodalink, konsumen dikenai tarif mulai Rp 250 ribu per unit per hari (24 jam).

Untuk menyewa sepeda, konsumen diharuskan mengisi formulir pendaftaran sewa sepeda di website www.rodalink.com/bike-rent, atau datang langsung ke outlet Rodalink terdekat dengan menunjukkan kartu identitas diri.

Adapun model sepeda yang disewakan beragam, mulai dari sepeda lipat, sepeda gunung, sepeda balap, hingga sepeda elektrik (e-bike) dari sejumlah merek sepeda kenamaan terutama Polygon sebagai merek sepeda asli Indonesia.

Diharapkan melalui layanan sewa sepeda di outlet-outlet Rodalink ini dapat memberikan pengalaman bersepeda bagi masyarakat.

“Sepeda tetap menjadi salah satu pilihan transporter yang fleksibel menjangkau segala medan dan seru diandalkan untuk destinasi ‘blusukan’ yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan bermotor,” ujar Regita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com