Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Jitu Cegah Kolesterol Tinggi Saat Lebaran

Kompas.com - 22/04/2023, 10:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Lebaran memang identik dengan makanan berlemak dan bersantan, tentunya ini sangat berpengaruh dengan kesehatan tubuh.

Di momen ini, kita tetap bisa menjaga kesehatan dengan memerhatikan asupan nutrisi agar terhindar dari penyakit yang identik dialami setelah lebaran, yakni kolesterol tinggi.

Masalah kesehatan yang satu ini tentu perlu diwaspadai karena kadar kolesterol yang tidak terkontrol bisa menimbulkan berbagai keluhan atau gangguan kesehatan yang lain.

Baca juga: Panduan Santap Lebaran Tanpa Khawatir Kolesterol Tinggi dari Ahli Gizi 

Tips mencegah kolesterol naik saat lebaran

Apa itu kolesterol? Kolesterol memiliki sejumlah manfaat dan bahaya untuk kesehatan yang harus diperhatikan.  Apa itu kolesterol? Kolesterol memiliki sejumlah manfaat dan bahaya untuk kesehatan yang harus diperhatikan.

Di balik kelezatan berbagai hidangan khas Lebaran ada risiko kesehatan yang siap menunggu, salah satunya kolesterol tinggi.

Ya, sejumlah makanan khas lebaran yang biasanya tersaji di meja makan seperti opor, sambal goreng ati, rendang, gulai, serta kue kering lainnya rata-rata mengandung santan, minyak,  lemak hingga karbohidrat yang tinggi.

Jika nafsu makan kita tidak terkontrol di momen ini, bisa saja kadar kolesterol kita jadi melonjak dan memicu sejumlah gangguan kesehatan lainnya.

Berikut cara mencegah kolesterol naik saat lebaran, seperti disampaikan dr. Erwin Christianto, M.Gizi, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Eka Hospital Pekanbaru dalam keterangan persnya kepada Kompas.com.

1. Seimbangkan dengan makanan berserat tinggi

Saat lebaran, sebaiknya seimbangkan jumlah konsumsi makanan yang tinggi serat seperti mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Beberapa buah yang bisa jadi rekomendasi untuk dinikmati meliputi apel, atau buah yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, atau pepaya.

2. Batasi makanan tinggi karbohidrat, makanan berlemak dan bersantan

Tidak ada salahnya untuk menikmati berbagai hidangan lezat yang tersaji di atas meja makan. Namun satu hal yang perlu diingat adalah jumlah konsumsinya perlu dibatasi untuk mencegah kolesterol naik.

Dokter Erwin menyebutkan sebaiknya batasi sekitar 400-700 gram per minggu dan pilih daging yang tidak terlalu banyak mengandung lemak (lean meat) atau bersihkan lemak yang ada di permukaan daging.

Selain masakan dari olahan daging, saat lebaran tentunya akan banyak kue kering yang menggiurkan.

Kelebihan konsumsi kue kering yang mengandung karbohidrat juga bisa meningkatkan kolesterol dan trigliserida.

Hati-hati juga dengan masakan bersantan, paling tidak kita perlu membatasinya agar tidak berlebihan.

Baca juga: Makan Telur Bisa Bikin Kolesterol Naik? Simak Faktanya 

Ilustrasi seorang wanita minum air putih.Freepik Ilustrasi seorang wanita minum air putih.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com