Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2023, 13:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nature bath atau menikmati alam terbuka kini menjadi salah satu alternatif alami untuk mengatasi gangguan kecemasan.

Bahkan, sebuah meta-analisis baru yang dilakukan oleh para peneliti Australia mendukung gagasan bahwa nature bath dapat menjadi bentuk perawatan yang bermanfaat bagi kesehatan mental banyak orang.

Tidak hanya itu, studi ini juga menyoroti bagaimana nature bath bisa efektif dalam melawan gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi).

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan selengkapnya mengenai nature bath dan manfaatnya meredakan kecemasan, seperti yang dilansir dari laman Lifestyle Asia berikut ini.

Baca juga: Berpetualang di Alam Bisa Bikin Bahagia, ini Alasannya

Mengenal nature bath dan manfaatnya bagi kesehatan mental

Bila kita adalah orang yang mudah merasa tertekan, stres, atau cemas, maka kita perlu melakukan nature bath dengan pergi ke alam terbuka dan menikmati energi yang dipancarkan.

Semakin banyak dokter juga merekomendasikan agar pasien mereka menghabiskan waktu untuk bersentuhan dengan alam melalui nature bath.

Di beberapa negara, nature bath bahkan diresepkan oleh praktisi kesehatan sama seperti obat, dengan dosis yang tepat, misalnya, 20 atau 30 menit per minggu.

Hal ini paling sering terjadi di beberapa negara maju seperti Jepang, Skotlandia, hingga Amerika Serikat.

Di Kanada, nature bath memiliki program tersendiri yang diprakarsai oleh British Columbia Parks Foundation dan kemudian dengan cepat disebarkan di provinsi-provinsi lain di negara tersebut.

Idenya adalah memberikan tiket masuk gratis kepada pasien untuk mengunjungi taman-taman nasional di wilayah mereka.

Ini adalah cara yang efektif untuk mengambil tindakan nyata mengatasi kecemasan dengan keluar dan menikmati waktu di alam.

menikmati alam terbuka menikmati alam terbuka

Baca juga: Dengar Kicauan Burung di Alam Bikin Hidup Lebih Bahagia, Percaya?

Terinspirasi oleh forest bath yang terkenal dari Jepang pada tahun 1980-an, nature bath juga mengacu pada banyak manfaat yang telah terbukti dari kontak teratur dengan alam, baik pada kesehatan fisik, mental, kardiovaskular, maupun pernapasan.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas New South Wales dan Wollongong di Australia mengamati tren global yang semakin populer di bidang medis ini.

Para penulis meninjau hampir 100 studi tentang masalah ini.

Tujuannya adalah untuk mengumpulkan bukti keefektifan nature bath, serta menentukan faktor-faktor penting dari keberhasilannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com