Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Terapkan Gaya Hidup Sustainable dengan Perpanjang Umur Pakaian

Kompas.com - 29/04/2023, 11:33 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pakaian ramah lingkungan saat ini bukan lagi sekadar tren. Di kota-kota besar seperti Jakarta, konsep sustainable fashion telah menjadi gaya hidup baru yang banyak diikuti anak muda.

Penggunaan pakaian ramah lingkungan pun sering dianggap sebagai langkah nyata dalam melestarikan lingkungan serta mengurangi limbah pakaian.

Lantas, bagaimana cara menerapkannya? Berikut sejumlah tips yang bisa kita coba.

 Baca juga: Material Kulit Jamur, Konsep Sustainable Fashion yang Ramah Lingkungan 

Cara menerapkan gaya hidup sustainable fashion

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan serta memperpanjang siklus atau umur pakaian.

Berikut sejumlah tipsnya seperti yang disampaikan desainer yang fokus pada sustainable fashion, Isabella Indrasasana.

1. Memperbaiki pakaian lama

Kebiasaan yang cenderung langsung membuang pakaian yang mengalami cacat sedikit juga bukan menjadi bagian dari gaya hidup sustainable fashion.

Secara tidak langsung hal itu pun mendorong kebiasaan belanja pakaian yang sifatnya konsumerisme.

Ketika kita terus menerus membeli baju gara-gara pakaian yang kita punya mengalami sedikit kecacatan, kebiasaan itu dapat membuat siklus pakaian jadi lebih pendek.

Pakaian yang hanya baru beberapa kali dipakai jadi berakhir di tempat pembuangan.

Pada gilirannya hal itu pun berkontribusi dalam peningkatan produksi fast fashion yang menggunakan sumber daya alam besar hingga penggunaan bahan kimia yang mencemari lingkungan.

Padahal jika ada pakaian yang rusak dan masih bisa dibetulkan lagi, paling tidak kita berkontribusi dalam mengurangi limbah tekstir.

Dengan mempelajari teknik-teknik menjahit atau memperbaiki pakaian memungkinkan kita untuk membuat umur pakaian jadi lebih panjang.

"Padahal ketika kita dapat melihat peluang dalam ketidaksempurnaan, kita akan dapat mengubah cacat tersebut menjadi sesuatu yang baru dan unik," kata Isabella kepada Kompas.com dalam keterangan persnya.

2. Membeli pakaian ramah lingkungan dan berkelanjutan

Cara lain untuk memperpanjang umur pakaian adalah dengan memastikan untuk membeli pakaian yang dibuat dalam proses ramah lingkungan serta konsep yang berkelanjutan.

Misalnya pakaian yang hendak kita beli berbahan kain yang mudah terurai oleh tanah, penggunaan sedikit air dalam produksinya hingga pemakaian bahan pewarna yang alami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com