Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Macam Rempah yang Bisa Bantu Turunkan Hipertensi, Ada Biji Seledri

Kompas.com - 30/04/2023, 06:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah faktor risiko paling umum untuk berbagai macam penyakit kronis seperti jantung hingga stroke.

Pada orang dewasa, hipertensi bisa terjadi apabila tekanan darah sistolik (angka teratas) lebih dari 130 mmHg dan tekanan darah diastolik (angka paling bawah) lebih dari 80 mmHg.

Untuk bisa mengelola tekanan darah tetap pada angka yang normal, kita bisa melakukan beberapa cara seperti mengubah pola hidup yang sehat, serta mengonsumsi obat-obatan yang disarankan oleh dokter.

Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa herbal atau rempah-rempah yang sering kita gunakan untuk memasak sehari-hari ternyata juga memiliki khasiat dalam menurunkan hipertensi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Camilan Sehat di Malam Hari bagi Penderita Hipertensi

Rempah untuk menurunkan hipertensi

Nah, dilansir dari laman Healthline, berikut terdapat sejumlah rempah yang bisa kita tambahkan ke dalam diet untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrolnya tetap normal.

1. Biji seledri

Biji seledri (Apium graveolens) adalah rempah serbaguna yang mengandung berbagai nutrisi, seperti zat besi, magnesium, mangan, kalsium, dan serat.

Yang menarik, beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Satu studi pada tikus meneliti efek ekstrak biji seledri terhadap tekanan darah.

Studi tersebut menemukan bahwa ekstrak biji seledri mampu menurunkan tekanan darah pada tikus yang sudah memiliki hipertensi sebelumnya, tetapi tidak pada tikus yang memiliki tekanan darah normal.

Para peneliti telah menyarankan bahwa senyawa dalam ekstrak biji seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

Selain itu, biji seledri juga merupakan sumber serat makanan yang baik, yang telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

Kendati demikian, hanya ada beberapa penelitian tentang biji seledri dan tekanan darah sehingga para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian pada manusia di bidang ini.

2. Bawang putih

Bawang putih kaya akan senyawa yang dapat bermanfaat bagi jantung.

Secara khusus, bawang putih mengandung senyawa sulfur, seperti allicin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah.

Secara kolektif, faktor-faktor ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com