Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2023, 16:00 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

KOMPAS.com - Mulai memelihara kucing untuk pertama kalinya bisa menjadi pengalaman mengesankan.

Namun, tak jarang pula kita khawatir soal pemberian makanan, mulai dari jadwalnya hingga jumlah dan seberapa sering makanan harus diberikan agar kucing tumbuh dengan optimal.

Menjawab kekhawatiran ini, dokter dan ahli gizi hewan bersertfikat yang juga merupakan profesor di Cummings School of Veterinary Medicine Cailin Heinze mengatakan, sebenarnya kebiasaan makan dan kebutuhan nutrisi kucing akan berubah seriring bertambahnya usia.

"Kita tahu bahwa anak kucing dan kucing yeng aktif bereproduksi, terutama queen (kucing betina yang belum melakukan sterilisasi) memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih tinggi dibanding nutrisi yang dibutuhkan kucing dewasa lainnya,” ujar dia.

Baca juga: Bawa Kucing Mudik Rawan Dehidrasi, Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

Kendati demikian, Heinze juga mengatakan, masih belum banyak penelitian yang menemukan perbedaan kebutuhan nutrisi antara kucing berusia satu tahun dan kucing yang jauh lebih tua.

"Ada banyak makanan untuk kucing tua dua di luar sana, namun tidak ada standar nutrisi yang harus dipenuhi,” kata Heinze.

Heinze juga berpendapat bahwa kucing dewasa bisa mendapatkan manfaat dari makanan kucing tua, namun bisa juga tidak.

Untuk itu, ia menyarankan untuk mengingat bahwa makanan yang perlu diberikan akan bergantung pada kucing kita masing-masing dan perencanaan kebutuhan nutrisi yang diperlukan pada saat itu.

Selain itu, masalah kesehatan dan berat badan kucing juga dapat memainkan peran penting dalam neentukan apa dan seberapa sering kucing harus makan.

Baca juga: Daftar Kalori Kue Lebaran dari Nastar, Kastengel, hingga Lidah Kucing

Lalu sebaiknya diskusikan dengan dokter hewan terkait pengaturan pola makan kucing, terutama jika teman berbulu kita sedang menjalani diet terapeutik.

Selain itu, kalkulator makanan kucing pun bisa membantu.

Lebih lanjut, untuk mempermudah dan menyesuaikan seberapa sering pemberian makanan dengan kondisi kucing kita, berikut beberapa metode yang bisa dilakukan.

  • Free feeding

Jika merasa kucing kita selalu lapar sepanjang waktu, kita bisa memilih free feeding atau menyediakan makanan di mangkuk makanan kucing dalam jumlah tertentu setiap harinya.

Dengan metode ini, kita dapat membiarkan kucing makan sedikit demi sedikit per harinya setiap kali kucing merasa lapar.

Hanya saja, ingatlah bahwa kita hanya bisa memberikan makanan kering (dry food) karena makanan basah bisa basi jika dibiarkan.

Baca juga: 5 Bunga yang Beracun untuk Kucing

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Daily Paws


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com