Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Cincin Tunangan Kate Middleton Warisan Putri Diana

Kompas.com - 04/05/2023, 05:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Cincin tunangan dengan batu batu safir biru yang dipakai Kate Middleton langsung jadi sorotan publik.

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa cincin tunangan itu merupakan warisan dari Putri Diana, ibu dari Pangeran William.

Selama kunjungannya di Wales pada April 2023, Kate mengatakan bahwa cincin biru yang dipakainya itu merupakan cincin tunangan yang sama.

Dia mengakui bahwa tidak memodifikasi cincin itu sama sekali, sehingga keindahan dan keotentikan cincin tunangan warisan Putri Diana masih sama seperti dahulu kala.

Baca juga: Kate Middleton Disebut Ajukan Syarat untuk Kehadiran Rose Hanbury di Penobatan Raja Charles 

"Ini cincin yang sama dan ukurannya persis sama. Saya merasa terhormat bisa mengikuti jejak Putri Diana dengan memakai permata ini."

"Kami merindukannya setiap hari," kata Kate Middleton seperti dilansir Byrdie.

Mengulik lagi jawaban Pangeran William di tahun 2010 saat diwawancarai ITV News, dia mengungkap alasan memberikan cincin tunangan milik mendiang ibunya untuk Kate Middleton.

"Ini adalah caraku untuk membuatnya dekat dengan itu semua."

"Melamar dengan batu permata legendaris juga sudah menjadi tradisi kerajaan selama puluhan tahun," kata William.

Baca juga: Tren Memberi Cincin Tunangan, Bisa Privat atau Bersama Keluarga 

Cerita di balik cincin tunangan Kate Middleton

Warna cat kuku Kate Middleton di perayaan Paskah dinilai melanggar protokol kerajaan InggrisRepro bidik layar via People Warna cat kuku Kate Middleton di perayaan Paskah dinilai melanggar protokol kerajaan Inggris

Menurut laman Vogue, cincin tunangan itu sudah ada sejak tahun 1840, yang pada awalnya dibuat toko perhiasan Kerajaan, Garrad, yang diminta Pangeran Albert untuk istrinya, Ratu Victoria.

"Dia (Ratu Victoria) sangat menyukai cincin ini sehingga dia memutuskan untuk memakai cincin itu di hari pernikahannya," kata Sara Prentice, Direktur Kreatif Garrad kepada Vogue.

Sepanjang hidupnya, Ratu Victoria berulang kali memakai cincin tersebut di berbagai kesempatan yang kemudian diwariskan untuk Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II juga sempat mengenakan cincin tersebut di beberapa kesempatan atau agenda kerajaan.

"Saya sangat membayangkan cincin ini seolah dikelilingi oleh ibu dan nenekmu dengan perhiasan yang indah dan luar biasa," tambah Sara.

Di momen pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana, cincin itu diwariskan dari Ratu Elizabeth II dan sampai saat ini, cincin istimewa tersebut diwariskan lagi kepada Pangeran William untuk diberikan ke Kate Middleton.

Jika melihat detailnya, cincin tunangan warisan keluarga Kerajaan Inggris ini bertakhtakan batu safir Sri Lanka 12 karat berwarna biru, dikelilingi oleh 18 berlian dan sematkan pada cincin emas 18 karat.

Setelah ditelusuri, harga cincin tunangan legendaris tersebut mencapai 28.500 poundsterling atau sekitar Rp 523 juta pada tahun 1981 (di masa pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana).

Sampai kini cincin tunangan jatuh ke tangan Kate Middleton, keaslian cincin warisan keluarga kerajaan Inggris masih sama seperti dulu.

Baca juga: 12 Cincin Tunangan Termahal di Dunia Milik Para Pesohor 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Byrdie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com