Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2023, 21:00 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehamilan akan berdampak terhadap kondisi tubuh, seperti detak jantung yang lebih cepat, kenaikan suhu tubuh, peningkatan sekresi tubuh, serta persendian dan ligamen.

Selain itu, hormon juga mengalami perubahan sehingga memengaruhi suasana hati, disertai kelelahan, kekhawatiran tentang citra tubuh, serta kelahiran bayi yang akan datang.

Dr Padma Srivastava, konsultan obstetri dan ginekolog di Motherhood Hospital di Lullanagar, Pune, India menjelaskan, setiap ibu hamil menghadapi keluhan yang berbeda-beda selama kehamilan.

Namun, ada beberapa keluhan umum yang biasa dialami menurut dia, yaitu:

1. Mual dan muntah

Mual dan muntah merupakan kondisi yang umum dialami oleh hampir setengah dari seluruh wanita hamil selama trimester pertama kehamilan.

Kondisi ini juga dikenal sebagai "morning sickness" karena gejalanya cenderung terasa parah di pagi hari.

Tidak hanya pada trimester pertama, beberapa wanita mungkin mengalami mual dan muntah selama kehamilan. Penyebabnya diduga berkaitan dengan perubahan hormon selama kehamilan.

Morning sickness bisa diperparah oleh faktor lain seperti stres, perjalanan jauh, atau konsumsi makanan tertentu seperti makanan pedas atau berlemak.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun lebih sering, serta memenuhi asupan protein dan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, pasta, pisang, dan sayuran berdaun hijau.

Hal ini dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil.

Baca juga: Ibu Hamil Wajib Waspadai Junk Food, Picu Alergi pada Janin

2. Sakit perut

Untuk meredakan rasa sakit perut akibat otot dan ligamen perut yang tegang, ibu hamil bisa beristirahat atau mandi air hangat.

Selain itu, rajin berolahraga dapat membantu menguatkan dan mengembangkan otot perut.

Namun setelah trimester pertama kehamilan, sebaiknya tidak berbaring telentang lebih dari beberapa menit agar pasokan darah ke janin tidak terganggu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com