Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Sepatu Raja Charles III untuk Penobatan "Hanya" Rp 65 Juta

Kompas.com - 06/05/2023, 15:06 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Raja Charles III mengenakan sepatu formal khusus untuk dipakai pada penobatannya sebagai raja Inggris.

Sebelumnya, Kerajaan Inggris telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk momen bersejarah penobatan Raja Charles III, termasuk pada sepatu yang dikenakan Raja.

Sepatu formal bow pump shoes sudah dirancang oleh Gaziano dan Girling, desainer sepatu yang berbasis di Kettering, Northamptonshire, sejak tahun lalu.

Sepatu itu pun memiliki spesifikasi khusus yang sudah diadaptasi untuk acara tersebut, mulai dari desain, fitur, hingga bagian pita yang diganti dengan aksen gesper oleh pihak kerajaan.

Lantas, berapa harga sepatunya?

Baca juga: 7 Detail Penobatan Raja Charles, Ada Artis yang Katanya Menolak Hadir 

Harga sepatu Raja Charles III di hari penobatan

Sepatu yang mirip akan dikenakan Raja Charles III di hari penobatan, namun bagian pitanya diganti dengan aksen gesper.Sam Read / BBC Sepatu yang mirip akan dikenakan Raja Charles III di hari penobatan, namun bagian pitanya diganti dengan aksen gesper.

Harga sepatu yang dikenakan Raja Charles III di hari penobatannya terlihat tidak terlalu fantastis, tetapi fiturnya dibuat khusus mengutamakan kenyamanan.

Gaziano, sang perancang sepatu mengatakan bahwa sepatu itu dibuat agar terlihat formal dan tetap sederhana serta memiliki tingkat kenyamanan terbaik saat dikenakan.

Bahkan kata dia, siapapun yang memakai sepatu ini akan tetap terasanya nyaman seperti memakai sepatu kets.

Sedangkan ketika dipakai untuk berdiri lama seperti di upacara penobatan Raja pun, sepatu ini juga tidak membuat pemakainya merasa pegal.

Meski tidak dirinci soal fitur-fitur hingga material yang digunakan pada sepatu Raja Charles, namun Gaziano mengatakan kalau sepatu itu dibuat dengan cara dan material yang istimewa.

Pasalnya mereka sudah terbiasa membuat sepatu pesanan, ahli dalam membuat sepatu custom yang harganya bisa mencapai Rp 370 juta per pasang serta sebagian besar dijual di Amerika Serikat dan Asia.

Setiap pasang sepatu, rata-rata dikerjakan secara handmade dalam waktu 96 jam kerja.

Secara tampilan, sepatu formal ini terlihat seperti menggunakan material kulit berwarna hitam yang glossy lalu bagian in solenya berbahan suede berwarna kecoklatan.

Namun untuk harga sepatu Raja Charles III yang dipakai di hari penobatan, harganya hanya sekitar 3.500 poundsterling atau sekitar Rp 64,9 juta.

Chelise Porter, asisten Gaziano yang ikut andil dalam membuat sepatu Raja Charles di hari penobatannya mengatakan bahwa dia sangat bangga dan senang bisa berkontribusi dalam pembuatan sepatu itu.

Selain itu, Polisher Roger Smart, seorang staf di sana juga mengatakan hal yang sama.

Dia merasa bersemangat ketika mendapatkan tugas untuk merancang sepatu khusus untuk Raja Charles.

"Semua orang, kami di sini cukup bangga dan bersemangat," katanya.

Baca juga: Upacara Penobatan Raja Charles III: Jadwal, Agenda, dan Link Live Streaming-nya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com