Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zendaya dan Tom Holland Kencan Nonton Basket, Ini Manfaatnya untuk Mental

Kompas.com - 06/05/2023, 16:41 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Zendaya dan Tom Holland belum lama ini menghabiskan waktu bersama dengan kencan nonton pertandingan basket.

Keduanya menyaksikan pertandingan NBA antara Los Angeles Lakers vs San Francisco Warriors.

Pasangan muda ini kompak mengenakan busana berwarna putih namun Zendaya mengenakan topi Warriors, tim yang didukungnya sesuai kampung halamannya, Oakland.

Baca juga: Berkat Foto Editan, Selena Gomez dan Zendaya Hadir di Met Gala 2023

Bintang Dune ini nampak sangat menikmati serunya pertandingan, dibuktikan dengan ekspresi wajahnya selama jalannya laga.

Sedangkan Tom Holland, yang berasal dari Inggris dan bukan pengemar berat basket, terlihat lebih tenang meski tetap menikmati pertandingan NBA itu.

Manfaat nonton pertandingan olahraga bersama pasangan

Momen kencan pasangan bintang ini menjadi buah bibir warganet karena dinilai sangat manis dan sederhana.

Alih-alih makan malam mewah, Tom Holland dan Zendaya lebih memilih nonton pertandingan basket, hal yang sangat lazim di Amerika Serikat.

Menyaksikan pertandingan olahraga secara langsung, termasuk bersama pasangan, juga terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental.

Baca juga: Mau Kencan Pertama Sukses? Hindari 6 Kesalahan Ini

Hiruk-pikuk, keseruan dan berbagai sensasi yang dirasakan selama pertandingan berlangsung bisa meningkatkan perasaan bahagia.

Sebuah studi terhadap lebih dari 7.200 orang yang diterbitkan di Frontiers in Public Health menemukan bahwa menonton siaran langsung olahraga meningkatkan perasaan sejahtera.

Secara khusus, subjek penelitian melaporkan bahwa menghadiri acara olahraga langsung menyebabkan kepuasan hidup yang meningkat, rasa hidup yang lebih berharga, dan mengurangi kesepian.

Manfaat positif ini berlaku untuk pertandingan olahraga profesional maupun amatir.

Baca juga: Ragam Manfaat Nonton Pertandingan Sepak Bola Bersama Anak

Menyaksikan para atlet menciptakan prestasi dari keunggulan pribadi dan kolektifnya secara langsung membuat kita menyadari betapa luar biasanya tubuh manusia dan beruntungnya kita masih hidup.

Ilustrasi Pertandingan VoliDok tribunnews.com Ilustrasi Pertandingan Voli

Berada dalam kerumunan penonton olahraga juga memicu adrenalin sehingga emosi kita ikut terpancing dalam tawa, lelucon atau olok-olok.

Perasaan menjadi bagian dari sesuatu — dan bagian dari komunitas yang semuanya mendukung hal yang sama — ini tidak dapat disangkal.

Baca juga: 3 Ide Kencan Hemat dan Romantis, Bikin Kantong Enggak Meringis

“Menonton olahraga langsung dari semua jenis memberikan banyak kesempatan untuk interaksi sosial dan ini membantu menempa identitas dan kepemilikan kelompok, yang pada gilirannya mengurangi kesepian dan meningkatkan tingkat kesejahteraan,” kata Helen Keyes, PhD, Pemimpin sekolah psikologi dan ilmu olahraga di Universitas Anglia Ruskin sekaligus penulis utama riset tersebut.

Dalam jangka panjang, manfaat kesehatan mental dari menonton pertandingan olahraga secara langsung karena berkurangnya kesepian dan meningkatnya kepuasan hidup dikaitkan dengan umur panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com