Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Harta Kekayaan Camilla Istri Raja Charles III Usai Jadi Permaisuri

Kompas.com - 08/05/2023, 17:18 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Harta kekayaan Camilla Parker - Bowles setelah menyandang gelar baru sebagai Queen Consort alias permaisuri Kerajaan Inggris langsung jadi sorotan.

Setelah menjadi permaisuri, harta kekayaan bersih yang dimiliknya sudah pasti jauh lebih tinggi dari sebelum ini.

Hal itu pun didukung oleh fakta bahwa dahulu, Pangeran Wales yang notabene sekarang adalah Raja Charles III adalah anggota terkaya dari keluarga Kerajaan Inggris yang mewarisi lebih dari 2 miliar dolar AS dari sang ibu. Lantas untuk kekayaan Camilla pribadi, sebanyak apa hartanya?

Baca juga: Kisah Hidup Camilla, Dulu Jadi Orang Ketiga Kini Bergelar Ratu Inggris 

Kekayaan bersih Camilla Parker - Bowles usai jadi permaisuri

Raja Inggris Charles III dan Ratu Camilla menyapa massa dari balkon Istana Buckingham usai upacara penobatan di London, Sabtu, 6 Mei 2023. AP/Frank Augstein Raja Inggris Charles III dan Ratu Camilla menyapa massa dari balkon Istana Buckingham usai upacara penobatan di London, Sabtu, 6 Mei 2023.

Camilla Parker - Bowles, perempuan kelahiran 17 Juli 1947 ini memiliki nama lahir Camilla Rosemary Shand.

Ia sempat menikah dengan Brigadir Andrew Parker Bowles, keduanya mengikat janji suci pada tahun 1973 dan menjadi salah satu pernikahan terbesar di London.

Namun hubungan keduanya kandas pada tahun 1995 sampai akhirnya Camilla membawa nama belakang Andrew, hingga dikenal sebagai Camilla Parker-Bowles.

Sebelum Putri Diana meninggal dunia, bukan lagi rahasia umum jika Camilla disebut-sebut sebagai orang ketiga dari hubungan antara Charles dan Putri Diana.

Hubungan Camilla dengan Charles kemudian diumumkan ke khalayak luas pada tahun 1999, tepatnya dua tahun setelah Putri Diana meninggal dunia.

Keduanya lantas menikah pada tahun 2005 dalam sebuah upacara di Windsor Guildhall, Inggris.

Sejak menikah dengan Raja Charles III, tentu saja Camilla banyak mewarisi harta keluarga Kerajaan Inggris dan berikut kekayaan bersih yang dimilikinya, seperti dilansir Lifestyle Asia.

1. Cincin tunangan dan mahkota berlian

Mahkota Kerajaan Inggris dihiasi berlian dan perhiasan terbaik.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Mahkota Kerajaan Inggris dihiasi berlian dan perhiasan terbaik.

Camilla tentu saja memiliki banyak perhiasan dari Kerajaan Inggris. Misalnya saja cincin tunangan bertakhta batu mulia yang diberikan Charles di tahun 2005.

Pihak kerajaan mengonfirmasi bahwa cincin tersebut merupakan warisan dari keluarga Kerajaan Inggris dan pengamat kerajaan mengatakan, cincin tunangan yang dia miliki adalah koleksi pribadi Ibu Suri karena sempat melihatnya mengenakan cincin yang sama di tahun 1980-an.

Cincin itu tergolong sebagai perhiasan mewah. Mata cincinnya dibuat dari batu zamrud di bagian tengah dengan kadar 5 karat dengan desain Art Deco, dan ada batu mulia lainnya ber-cutting baguette sebagai penghias di sampingnya.

Sedangkan untuk mahkotanya, Camilla mewarisi mahkota kerajaan milik Ratu Mary yang dimodifikasi untuk Camilla.

"Mahkota ini untuk pertama kalinya dalam sejarah akan digunakan sebagai penobatan permaisuri baru, demi kepentingan keberlanjutan dan efisiensi," tulis pihak istana dalam sebuah pernyataan pada Februari 2023.

Mahkota yang dimiliki Camilla dulunya bertakhtakan 2.200 berlian yang awalnya menampilkan berlian Koh-i-Noor, batu pertama legendaris dan termahal di dunia.

Namun berlian itu dimodifikasi dan diganti dengan versi berlian Cullinan III, IV, dan V yang sebelumnya bagian dari koleksi pribadi Ratu Elizabeth II.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com