Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2023, 19:57 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Pemutusan kerja sama dengan Kanye West dan label Yeezy berdampak besar bagi Adidas.

Hal ini terlihat dari laporan keuangan yang dirilis merek perlengkapan olahraga asal Jerman tersebut di kuartal pertama tahun 2023.

Dalam laporan itu, CEO Adidas Bjorn Gulden mengungkapkan, perusahaan merugi sebesar 448 juta dollar AS atau sekitar Rp 6,5 triliun dibandingkan kuartal pertama tahun lalu.

Adidas mengalami kerugian akibat penghentian lini produk Yeezy, terutama di Amerika Utara, China, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

"Kuartal pertama berakhir sedikit lebih baik dari yang kami harapkan dengan penjualan yang stabil dan keuntungan operasional kecil sebesar 60 juta Euro," catat Gulden.

Dia juga mengatakan, meski ada perkembangan dan pertumbuhan di kategori performa, Adidas menghadapi penurunan dalam kategori gaya hidup akibat pemutusan kontrak dengan Yeezy.

Berdasarkan komentar yang disampaikan Gulden pada Februari lalu, Adidas masih belum membuat keputusan perihal stok produk Yeezy yang tersisa.

Namun jika stok tersebut tidak dijual, Adidas berisiko kehilangan biaya modal sekitar 560 juta dollar AS dan biaya one-off sebesar 224 juta dollar AS.

Apabila digabungkan, potensi kerugian operasional yang akan dialami Adidas bisa mencapai 784 juta dollar AS (kira-kira Rp 11,5 triliun) di tahun ini.

Jika gagal menjual stok Yeezy yang ada, maka pendapatan yang hilang diperkirakan mencapai 1,3 miliar dollar AS atau setara Rp 19,1 triliun.

Baca juga: Tak Bisa Jual Yeezy Karya Kanye West, Adidas Rugi Rp 19,7 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com