Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

3 Kiat Menjadi Orangtua yang Baik bagi Anak

Kompas.com - 09/05/2023, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Orangtua adalah tempat pertama bagi anak untuk belajar. Itu sebabnya, sebelum memiliki anak, orangtua harus memikirkan matang-matang hal apa saja yang akan diajarkan kepada mereka.

Pasalnya, kesalahan pola asuh bisa berakibat fatal bagi tumbuh kembang sang buah hati.

Hal ini terbukti dengan maraknya kekerasan yang dilakukan orangtua pada anak. Menurut data Kemenppa per April 2023, ada 8.072 kasus kekerasan pada anak. Angka ini tergolong tinggi jika melihat tempat terjadinya kekerasan. Ada 5.318 kasus yang terjadi di rumah tangga.

Data tersebut menunjukkan bahwa rumah yang selama ini digadang-gadang menjadi tempat aman, nyatanya tidak demikian. Masih banyak anak-anak yang harus terjebak dengan pola asuh keliru hingga berdampak terhadap tumbuh kembang mereka pada saat dewasa.

Itu sebabnya, orangtua perlu mengetahui bagaimana cara penerapan pola asuh yang baik dan tidak mengganggu tumbuh kembang sang buah hati.

Menjadi Orangtua itu Ternyata Mudah

Setiap orangtua pasti memiliki cara hingga strategi tersendiri untuk mendidik anak-anaknya. Hal ini biasanya sudah didiskusikan bersama pasangan agar penerapannya bisa konsisten. Namun, yang paling penting orangtua perlu menerapkan strategi yang seimbang.

Baca juga: Fast Fashion, Industri Mode yang Picu Kerusakan Lingkungan

Orangtua tidak boleh terlalu mengekang, tapi juga tidak boleh terlalu membebaskan anak. Pasalnya, anak memiliki kewajiban dan hak yang harus mereka laksanakan.

Misalnya, sebagai anak, mereka memiliki kewajiban untuk mengikuti aturan rumah. Sementara itu, anak juga punya hak untuk mendapat dukungan penuh dari orangtua.

Itulah mengapa orangtua dan anak harus bisa memahami perasaan satu sama lain. Hal ini diperlukan agar peraturan yang sudah ditetapkan dapat diikuti dengan baik. Oleh karena itu, membangun komunikasi antarkeduanya sangat perlu dilakukan.

Informasi soal ini pun dijelaskan dalam siniar Obrolan Meja Makan episode “Strategi Mudah Menjadi Orangtua” dengan tautan akses dik.si/OMMStrategiOrtu.

Mengasuh Anak dengan Tepat

Menjadi orangtua adalah pekerjaan seumur hidup yang harus dijalani. Itu sebabnya, orangtua adalah profesi yang sangat sulit dijalani karena ada banyak yang gagal dalam mendidik anak dengan baik dan tepat.

Ditambah lagi, dalam fase perkembangan anak, orangtua harus dihadapkan dengan situasi baru. Misalnya, saat berada di usia balita, anak akan memasuki fase tantrum. Kondisi ini tentunya bisa membuat orangtua terpancing untuk memarahi anak hingga memukulnya agar diam.

Padahal, penanganan yang tepat bukan seperti itu. Orangtua harus membiarkan anak mengeluarkan segala emosinya. Setelah itu, tunggu sampai emosinya mereda. Kemudian, tanyakan bagaimana perasaannya saat itu juga.

Jadi, jangan sampai orangtua mudah terpancing untuk mengendalikan apa yang anak lakukan sebab hal ini justru akan membuat masalah menjadi besar. Hal ini dijelaskan dalam siniar Obrolan Meja Makan episode “Panduan Mudah Mengasuh Anak” dengan tautan akses dik.si/OMMAsuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com