Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Belanja Online Selama Ramadhan dan Lebaran 2023

Kompas.com - 09/05/2023, 21:43 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Momen Ramadhan hingga Lebaran 2023 sudah dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal.

Momen ini pun seolah menjadi peluang bisnis online yang mampu mendongkrak penjualan, mengingat daya beli masyarakat cenderung meningkat hingga menciptkan tren belanja online terkini.

Khususnya selama Ramadhan dan Lebaran 2023, ada beberapa tren belanja online yang menjadi kategori terlaris di platform belanja online, seperti Tokopedia.

Kategori itu meliputi perlengkapan rumah tangga, makanan, minuman dan fesyen.

"Ini semua sejalan dengan kondisi masyarakat yang kini bisa kembali menjalin tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat secara langsung,"

Demikian kata Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam konferensi persnya di Tokopedia Tower, Jakarta, Selasa (9/5/2023).

Baca juga: Belanja Online Masih Diminati Generasi Z

Kategori makanan

Kiri ke kanan founder Bruule Sarila Danubrata, Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dan founder Universa Sajadah, Renato Akbar di pers konferens Tokopedia di Jakarta, Selasa (9/5/2023). KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Kiri ke kanan founder Bruule Sarila Danubrata, Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dan founder Universa Sajadah, Renato Akbar di pers konferens Tokopedia di Jakarta, Selasa (9/5/2023).

Peningkatan penjualan dari kategori makanan yang tercatat di Tokopedia NOW! meliputi sejumlah bahan pokok seperti beras, mi instan, hingga daun bawang.

Hal tersebut merujuk pada meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk pangan segar untuk bisa dinikmati di momen sahur dan berbuka puasa.

Ada pula beberapa produk pangan lain seperti madu, kurma dan parsel makanan yang juga laris dibeli pelanggan.

Selain itu, ada kampanye Tokopedia NYAM! yang khusus menggandeng pelaku usaha dari berbagai daerah di Indonesia untuk menyediakan produk makanan dan minuman.

Salah satunya Bruule, pelaku UMKM yang turut berpartisipasi dalam kampanye ini dan mencatat adaya peningkatan penjualan.

Berbekal resep turun-temurun warisan keluarga, pasangan suami-istri Reza Harisky dan Sarila Danubrata serta rekannya Chaka Ramadhan mendirikan Bruule pada Maret 2020.

Bruule juga rajin mengikuti berbagai kampanye di platform belanja online yang identik dengan warna hijau tersebut.

"Berkat banyak kampanye yang kami ikuti, berbagai cabang toko online Bruule di Tokopedia–yang tersebar di Jakarta dan Bandung–mengalami rata-rata peningkatan transaksi sebesar 4 kali lipat selama bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan biasanya,” jelas Sarila.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com