Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Membeli Perlengkapan Ibadah Saat Belanja Online

Kompas.com - 10/05/2023, 07:41 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belanja online saat ini memang memudahkan banyak masyarakat dalam mencari produk yang dibutuhkan, tidak terkecuali dengan perlengkapan ibadah.

Khususnya bagi umat Muslim, perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, hingga sajadah pun kini tersedia di berbagai toko online.

Namun sayang, dengan banyaknya pilihan produk, model hingga barang yang sangat bervariasi terkadang membuat kita kesulitan memilih perlengkapan ibadah yang berkualitas.

Maka dari itu, pendiri Universa Sajadah Renato Akbar, memberikan beberapa tips saat membeli perlengkapan ibadah secara online.

Baca juga: Tren Belanja Online Selama Ramadhan dan Lebaran 2023

Tips memilih perlengkapan ibadah saat belanja online

Membeli perlengkapan ibadah saat belanja online menurut Akbar sebetulnya mirip seperti kita belanja kebutuhan pakaian di platform tersebut.

Mulai dari lebih memerhatikan detail dan deskripsi produk hingga tidak tergiur dengan harga yang murah dapat membantu kita menemukan produk perlengkapan ibadah yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut beberapa tips membeli perlengkapan ibadah di toko online, seperti yang dikatakan Akbar dalam konferensi pers Tokopedia bertajuk "Tren belanja online selama Ramadhan dan Lebaran 2023" di Jakarta, baru-baru ini.

1. Baca deskripsi lengkap

Biasanya berbagai toko online yang menjual perlengkapan ibadah akan memasang banyak foto dan pilihan model pada laman utamanya.

Tetapi satu hal penting adalah melihat dengan detail deskripsi produk yang dicantumkan di halaman tersebut.

"Deskripsi produk itu jangan tidak dibaca. Itu penting untuk kita agar bisa mengetahui penjelasan produknya," jelas Renato Akbar.

Deskripsi produk ini biasanya dapat membantu kita mengetahui bahan atau material apa yang digunakan, spesifikasi, ukurannya hingga produk berasal dari mana.

2. Jangan malu bertanya

Di platform toko online biasanya juga sudah terdapat fitur chat kepada penjual agar kita bisa menanyakan secara langsung.

Manfaatkan fitur ini untuk bisa lebih mengetahui secara rinci hal-hal yang mungkin belum kita dapatkan di halaman deskripsi produk.

"Pokoknya kalau mau membeli jangan malu bertanya. Di kolom chat kita bisa menanyakan hal apapun terkait produknya ke admin di toko online itu," tambah Akbar.

Baca juga: Riwayat Mukena, dari Khazanah Budaya Indonesia 

Beberapa tips aman belanja online menjelang Lebaran agar tidak menjadi korban kejahatan siber.Dok. Freepik Beberapa tips aman belanja online menjelang Lebaran agar tidak menjadi korban kejahatan siber.

3. Memilih produk yang sesuai

Langkah selanjutnya saat memilih perlengkapan ibadah di toko online adalah menemukan produk yang sesuai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com