Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari

Kompas.com - Diperbarui 11/05/2023, 17:16 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Jika kamu adalah tipe orang yang suka tidur sambil memimpikan cappuccino di pagi hari, maka syarat untuk mendapatkan itu saat kamu bangun mungkin terasa merepotkan.

Padahal, nyatanya memang ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum minum kopi di pagi.

Bahkan, melakukan urutan secara benar akan sangat berdampak pada kesehatan, lebih dari sekadar menjaga gigi tetap sehat dan putih.

"Mendukung rutinitas minum kopi di pagi hari dengan beberapa praktik strategis dapat menjadi pengubah masalah pencernaan, stres, keseimbangan hormon, energi, dan banyak lagi."

Demikian kata Abigail Hueber, ahli diet fungsional dan pakar kesehatan pencernaan, mengawali penjelasannya di laman Wellandgood.com.

Baca juga: Minum Kopi Saat Perut Kosong, Waspada Asam Lambung Naik

Terlebih lagi, kata dia, melompat dari tempat tidur dan meraih secangkir kopi dapat mengaktifkan pelepasan hormon stres, termasuk adrenalin dan kortisol.

"Kortisol adalah hormon penting yang ingin kita keluarkan di pagi hari, tapi kafein dari kopi saat perut kosong dapat menyebabkan pelepasan kortisol secara berlebihan."

"Kondisi ini bakal memicu respons stres yang tidak membantu, dan dapat berdampak pada usus, hormon, adrenal, dan energi secara negatif," kata Hueber.

Untungnya, ada beberapa praktik strategis yang bisa kita lakukan sebelum minum kopi di pagi hari untuk mendukung tubuh lebih baik dan mengurangi potensi respons stres tadi.

1. Rehidrasi

minum kopiShutterstock/antoniodiaz minum kopi

Tubuh mengalami dehidrasi dalam semalam, jadi sebelum menikmati kopi pagi, Hueber mengatakan penting untuk meneguk minuman kaya mineral untuk mengisi kembali elektrolit tubuh.

Baca juga: Minum Kopi dengan Lemon Bantu Turunkan Berat Badan? Ini Kata Pakarnya

"Ketika saya mengatakan mineral, yang saya maksud adalah kalium dan natrium, yang membantu mengarahkan air ke tempat yang tepat di dalam tubuh untuk hidrasi yang optimal."

"Kandungn ini pun memainkan peran utama dalam mendukung segala hal mulai dari adrenal hingga gula darah dan bahkan keseimbangan hormon."

Lebih lanjut, dia menyarankan untuk mencampurkan minuman kaya kalium seperti air kelapa, jus lidah buaya, jeruk bali atau jus jeruk dengan sedikit garam dan air untuk hidrasi di pagi hari, sebelum minum kopi.

2. Makan serat dan protein

Seperti yang telah disebutkan, kopi saat perut kosong dapat merangsang kortisol, yang dapat meningkatkan gula darah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com