Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Semut Merah dari Rumah dengan Gampang

Kompas.com - 11/05/2023, 08:26 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak seperti semut hitam, semut merah dikenal lebih agresif dan kerap mengigigit jika merasa terganggu.

Gigitan semut merah ini memang tak membahayakan jiwa, hanya saja, rasanya cukup menyakitkan. Bahkan, gigitan ini bisa menyebabnyak alergi serius meski terbilang jarang terjadi.

Karena itu, tak mengherankan bila banyak orang ingin mengusir semut merah saat hewan mungil ini menginvasi rumah mereka. Apalagi, semut merah juga bisa merusak furnitur dan peralatan di rumah.

Untungnya ada beberapa cara mudah yang bisa membantu mengusir semut merah secara alami sebelum perlu memanggil pembasmi semut.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Semut Merah di Kebun

Cara mengusir semut merah

Dilansir dari Homes and Gardens, berikut cara mengusir semut merah di rumah dengan mudah.

Taburkan tepung maizena

Cara pertama untuk mengusir semut merah dari rumah adalah dengan menaburkan tepung maizena.

Tepung maizena ini mudah didapatkan, harganya pun terbilang cukup terjangkau.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu menaburkan tepung maizena di atas semut merah jika melihatnya hingga semut tidak bisa bernapas.

Setelah semut berhenti merangkak, cukup gunakan penyedot debu untuk membersihkan sisa semut dan tepung maizena.

Membuat pestisida alami dengan minyak mimba

Jika tepung maizena tidak cukup, kita bisa menggunakan minyak mimba, semacam pestisida alami yang dapat digunakan untuk memerangi berbagai hama, termasuk semut, sekaligus melindungi tanaman dan perabotan di rumah.

Kita hanya perlu mengencerkannya dengan air lalu memasukannya ke botol semprot lalu menyemprotkannya ke arah semut merah.

"Minyak mimba tanpa campuran akan lebih efektif untuk melawan semut merah," ujar editor kebun untuk Homes & Gardens, Rachel Crow.

Gunakan repellent atau obat pengusir serangga

Jika pestisida buatan sendiri di atas tidak berhasil membasmi atau membunuh semut merah, pertimbangkan untuk menggunakan repellent atau obat pengusir serangga yang tersedia di pasaran.

Namun, jika tinggal dalam rumah dengan anak kecil, orang dengan masalah pernapasan kesulitan seperti asma, atau hewan peliharaan, repellent komersial ini bisa berbahaya.

Jadi, gunakan dengan sangat hati-hati sesuai petunjuk produk.

Gunakan baking soda dan gula

Tidak ingin menggunakan pestisida atau tepung maizena? Jika iya, kita bisa mencoba menggunakan campuran baking soda dan gula untuk membasmi semut merah.

Campurkan saja soda kue dan gula bubuk dengan perbandingan yang sama, lalu tempatkan campuran tersebut di sekitar rumah, tepatnya di mana tempat semut merah paling aktif.

Dengan campuran ini, semut merah akan tertarik pada bau manis dari gula, lalu membawa bubuk itu kembali ke koloninya, dan setelah tertelan, semut-semut akan mati.

Baca juga: 8 Tips Aman Membasmi Semut di Rumah Tanpa Bahan Kimia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com