Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ingin Tampil Flawless Bebas Jerawat? Ini 3 Tip Perawatan Kulit Sensitif dari Doviqa Skincare

Kompas.com - 11/05/2023, 09:00 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kulit sensitif memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya, kulit mudah kemerahan, gatal, perih, dan kering ketika terkena debu atau salah menggunakan produk skincare. Selain itu, kulit sensitif juga kerap mengalami ruam jika tidak dibersihkan dengan benar.

Bagi pemilik kulit sensitif, kulit wajah menjadi bagian tubuh yang kerap merasakan dampaknya. Salah satu masalah yang kerap muncul adalah jerawat.

Seperti diketahui, jerawat menjadi persoalan serius bagi berbagai kalangan, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Sebab, tidak mudah untuk meredakan jerawat, apalagi yang meradang. Jika perawatan yang dilakukan kurang tepat, kondisi kulit malah akan semakin memburuk.

Doviqa Complete Acne Serum dok. Doviqa Skincare Doviqa Complete Acne Serum

Maka dari itu, penting untuk merawat kulit sensitif dengan tepat. Berikut empat tips yang bisa Anda ikuti agar terhindar dari permasalahan kulit sensitif dan jerawat.

1. Bersihkan wajah dengan benar

Setelah seharian beraktivitas, baik di dalam maupun luar ruangan, pemilik kulit sensitif wajib membersihkan wajah.

Membersihkan wajah secara rutin dapat membantu membersihkan kotoran dan bakteri penyebab infeksi kulit. Seperti diketahui, makeup dan debu yang menempel pada wajah dapat menimbulkan masalah kulit, seperti jerawat.

Bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya bersihkan wajah dua kali sehari menggunakan cleansing oil atau milk cleanser. Setelah itu, Anda dapat mencuci wajah dengan sabun yang lembut di kulit.

Tidak perlu menggosok wajah secara keras dan lama, Anda cukup menggosok dengan lembut kemudian segera bilas dengan air dingin. Hindari mencuci wajah dengan air hangat karena dapat menghilangkan minyak alami di wajah sehingga menjadi kering.

Kemudian, keringkan wajah dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya secara perlahan. Jangan biarkan wajah kering secara alami karena akan membuat kulit menjadi kering.

2. Gunakan pelembap

Pemilik kulit sensitif rentan mengalami kulit kering dan mengelupas. Karenanya, Anda dapat mengoleskan pelembap di wajah secara rutin setelah mandi dan mencuci muka.

Meski demikian, pemilik kulit sensitif harus pintar memilih pelembap yang cocok bagi kulitnya. Sebaiknya, pilih pelembap yang mengandung Petrolatum, Dimethicone, Hyaluronic acid, Ceramide, atau Niacinamide yang cenderung aman.

Akan lebih baik jika Anda mengetahui kandungan yang tidak cocok untuk kulit Anda. Sebab, tidak semua kulit sensitif memiliki reaksi yang sama terhadap bahan kimia yang sama.

3. Pilih produk skincare dengan tepat

Dalam memilih produk perawatan kulit atau skincare, pemilik kulit sensitif harus berhati-hati. Pasalnya, jika ada kandungan yang tidak cocok akan membuat wajah menjadi meradang dan timbul masalah lain.

Anda dapat memilih produk skincare khusus untuk kulit sensitif. Biasanya, produk ini memiliki kandungan bahan kimia yang lebih sedikit ketimbang produk lain.

Formulasi produk tersebut biasanya juga lebih lembut dan tidak menyebabkan iritasi kulit. Hindari penggunaan toner, astringen, atau produk yang tinggi kandungan alkohol dan pewangi.

Doviqa Complete Acne Serum dok. Doviqa Skincare Doviqa Complete Acne Serum

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com