Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2023, 09:01 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sejak dulu, para perempuan di Provence Perancis selatan, terbiasa meminum air rebusan artichoke untuk mendetoksifikasi tubuh mereka. Agar rasa pahit artichoke tersamarkan, biasanya mereka menambahkan tanaman aromatik lain atau jeruk ke dalamnya.

Orang-orang di Provence percaya, artichoke bisa membantu mengatasi masalah sirkulasi darah dan metabolisme.

Saat mereka mengalami rasa berat pada tubuh, pembengkakan, atau masalah pencernaan, artichoke dijadikan salah satu obatnya.

Rupanya hal tersebut bukan sekedar tradisi. Artichoke yang sebenarnya merupakan kelompok tumbuhan yang kerap disayur ternyata mengandung banyak nutrisi.

Sebagian besar kandungan artichoke adalah karbohidrat yang terdiri dari serat dan pati. Namun tidak hanya itu, artichoke juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya, seperti:

  • Protein
  • Vitamin K
  • Vitamin C
  • Vitamin B kompleks, terutama vitamin B9 (asam folat)
  • Mineral, seperti magnesium, zat besi, seng, fosfor, potassium, dan kalsium

Hebatnya lagi, artichoke termasuk ke dalam sayuran dengan kandungan antioksidan paling tinggi. Maka tidak heran bila tanaman yang dikonsumsi bunganya ini memberikan beragam manfaat bagi kesehatan.

Produk berbahan artichoke dari L'Occitane Produk berbahan artichoke dari L'Occitane
Terinspirasi dari kearifan lokal, brand perawatan tubuh asal Provence, L'Occitane mencoba membuat produk dari bahan yang katanya bisa membantu memurnikan, mendetoksifikasi dan memberikan perasaan ringan itu.

Menurut L'Occitane, kebajikan terapeutiknya mengilhami mereka untuk menyelidiki manfaatnya dalam perawatan tubuh.

Artichoke – yang kaya polifenol dan inulin – dikenal bisa membantu memecahkan lemak, bersifat diuretik, dan mampu melawan kolesterol.

Untuk mengubah makanan super detoks ini menjadi ekstrak kosmetik, L'Occitane fokus pada daunnya - yang dikenal memiliki berbagai khasiat obat.

Berdasarkan hasil penelitian dan eksperimen, mereka menemukan bahwa artichoke bisa diandalkan untuk membantu meningkatkan sirkulasi mikro.

Ekstrak artichoke bekerja pada pembuluh darah mikro untuk meningkatkan tonisitas dan mengurangi permeabilitas. Hal ini pada gilirannya, memungkinkan memperbaiki masalah kulit seperti selulit dan rasa tegang.

Ketika sirkulasi lebih aktif, maka kualitas kulit pun menjadi lebih baik, sekaligus menghilangkan sensasi tidak nyaman di kaki.

Produk berbahan artichoke dari L'Occitane Produk berbahan artichoke dari L'Occitane
Berdasarkan pengujian di atas, L'Occitane membuat body scrub dan massage cream berbahan artichoke.

Dalam pengujian yang dilakukan sukarelawan terhadap Artichoke Body Scrub, mereka mendapati bahwa produk ini membantu merangsang sirkulasi mikro (81%), tubuhnya terasa dimurnikan (87%) dan didetoksifikasi (81%), serta membantu mengurangi sensasi bengkak (71%).

Body scrub ini berguna untuk menghilangkan kulit mati dan mempromosikan munculnya kulit baru, sekaligus membantu menstimulasi mikro-sirkulasi, sehingga mengurangi munculnya selulit.

Sedangkan Artichoke massage cream disebut bisa menghidrasi kulit dengan segera (95% responden merasakannya), merasa selulit menjadi kurang terlihat 97%, dan merasa badan lebih kencang 71%.

Selain itu, para penguji mendapati produk yang mengandung ekstrak artichoke dan kafein ini menghilangkan sensasi berat pada kaki dan memperbaiki warna kulit setelah pemakaian satu bulan.

Tentu hasilnya akan lebih baik jika perawatan ini digunakan secara rutin.

Baca juga: Kisah Persahabatan LOccitane dengan Perempuan Burkina Faso

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com