Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Sinar Matahari dan Alam Bisa Jaga Kesehatan Mental

Kompas.com - 14/05/2023, 08:35 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental.

Salah satu cara paling murah dan sederhana adalah dengan menikmati sinar matahari dan pemandangan alam.

Studi menunjukkan bahwa sejumlah kegiatan atau aktivitas di luar ruangan bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan mental, terutama pada penurunan risiko stres hingga kecemasan.

Baca juga: 3 Tips Interpretasi Mimpi yang Baik bagi Kesehatan Mental 

Manfaat menikmati sinar matahari dan alam untuk jaga kesehatan mental

Studi baru yang diterbitkan di jurnal Frontieres in Psychology mengungkapkan bahwa berkegiatan di luar ruangan bisa menjaga kesehatan mental seseorang.

Bahkan manfaat itu bisa didapatkan ketika seseorang menghabiskan waktu minimal 20 menit untuk bisa memberikan efek pengurangan tingkat stres.

Studi tersebut melibatkan 36 penduduk perkotaan yang berpartisipasi dalam penelitian diminta untuk menjalani kegiatan di luar ruangan yang berkaitan dengan alam selama delapan minggu.

Mereka diharuskan untuk berada di lingkungan yang lebih alami setidaknya selama 10 menit atau lebih.

Selama di alam bebas pun, peserta diminta untuk tidak melakukan aktivitas berat seperti berlari, tidak dibolehkan scrolling media sosial atau internet, menelepon seseorang, terlibat percakapan atau membaca.

Partisipan di minta hanya berdiam diri menikmati pemandangan alam yang ada di sekitarnya.

Mary Carol Hunter, seorang ilmuwan dari School for Environment and Sustainability di University of Michigan memaparkan sejumlah alasan terkait hubungan pengurangan stres dengan pengalaman seseorang di alam bebas.

Berdasarkan hasil penelitian itu, paparan lingkungan asri dan sinar matahari dikatakan bisa mengurangi kortisol saliva dan alfa-amilase yang ada di tubuhnya.

Kedua kadar hormon tersebut merupakan penyebab munculnya stres hingga kecemasan.

Efek yang paling signifikan bahkan terlihat ketika mereka menikmati pemandangan alam di lingkungan yang asri dalam durasi 20-30 menit.

Mary juga mengamati bahwa manfaat menikmati pemandangan alam juga mirip dengan aktivitas sederhana selama 20 menit di luar ruangan.

Seperti berkebun, menyiram tanaman, duduk tenang di halaman belakang rumah (yang banyak terdapat pohon atau tanaman) hingga membersihkan pekarangan juga termasuk di antaranya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com