Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Menyimpan Buah Alpukat untuk Cegah Keracunan Makanan

Kompas.com - 14/05/2023, 20:05 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini viral di TikTok soal cara menyimpan alpukat agar lebih cepat matang.

Cara yang viral itu menyarankan alpukat dibelah menjadi dua, kemudian disimpan di dalam wadah berisi air lalu disimpan di kulkas.

Para ahli mengatakan bahwa cara tersebut memang dapat membuat buah alpukat lebih cepat matang dan lunak, tetapi ada risiko keracunan makanan ketika menyimpannya dengan cara yang salah.

Hal ini dibenarkan oleh ahli diet bersertifikasi, Carly Sedlacek, RDN, LD dari Cleveland Clinic.

Menurut laporan Badang Pengawas Obat dan Makanan (FDA) di Amerika Serikat, air yang digunakan untuk merendam alpukat bisa saja terkontaminasi bakteri dari kulit alpukat.

Bakteri itu disebut Listeria moncytogenes yang terbukti 18 persen terdapat pada bagian kulit terluar dan bakteri Salmonella sebanyak 0,74 persen pada setiap sampel alpukat.

Logikanya ketika buah alpukat ini direndam di dalam wadah dengan air, kontaminasi bakteri itu bisa saja terpapar ke bagian dagingnya dan berbahaya jika dikonsumsi.

"Jika kita melakukan cara ini, maka kita membuat bakterinya lebih mudah berkembang biak. Tips menyimpan alpukat di TikTok ini sangat buruk," katanya, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Kontaminasi bakteri itu diketahui bisa menyebabkan berbagai gangguan pencernaan seperti diare, kram perut, mual dan gejala lainnya.

Baca juga: Makan Alpukat Setiap Hari Bisa Turunkan Kolesterol Jahat, Benarkah? 

Cara aman menyimpan buah alpukat

Alpukat yang sudah matang
PIXABAY/COYOT Alpukat yang sudah matang

Sebelum mencari tahu cara menyimpan alpukat untuk mencegah keracunan makanan, lebih baik kita perhatikan apakah buahnya sudah dalam keadaan matang atau masih mentah.

Sedlacek menyarankan agar kita membeli alpukat yang mentah, karena bisa disimpan lebih lama dan ketika buahnya matang bisa langsung dinikmati.

Tapi menurutnya, cara aman menyimpan alpukat pada dasarnya tidak memerlukan perlakuan khusus.

Buah yang masih mentah itu bisa diletakkan atau disusun di atas meja makan dan dibiarkan begitu saja, sampai suhu ruangan atau buahnya matang dengan sendirinya.

Selama disimpan, alpukat juga wajib diperiksa setiap hari tingkat kematangannya untuk mencegah buahnya membusuk.

Beberapa tanda yang mudah dikenali ketika alpukat itu matang adalah dilihat dari sejumlah perubahan yang mudah dikenali.

Kulit buah alpukat yang matang biasa ditandai dengan warna kulit yang berubah menjadi lebih gelap, teksturnya lunak, hingga batang yang tersisa pada bagian ujungnya sudah terlepas.

Setelah alpukatnya matang, buah yang satu ini bisa langsung dikonsumsi atau disimpan di dalam kulkas.

Tetapi cara terbaik menyimpannya ketika alpukat matang adalah dengan mengirisnya, disimpan dalam wadah tertutup dan diletakkan di dalam kulkas.

Baca juga: Cara Jaga Alpukat agar Tidak Cepat Busuk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com