Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayu Bella dan Sepeda Peraih Emas di SEA Games Kamboja

Kompas.com - 15/05/2023, 12:36 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.comSayu Bella Sukma Dewi, atet sepeda dari cabang MTB, menjadi perempuan tercepat di medan berdebu Cross Country Olympic/ XCO SEA Games 2023 di Kamboja.

Selain mempersembahkan emas ke empat untuk Indonesia, ia juga memperoleh raihan di kategori Cross Country Team Relay (XCR); hingga medan teknikal dari kategori Cross Country Eliminator.

Sorakan memuji dan menyemangati terdengar di Kulen Mountain, Phnom Penh, Kamboja, ketika Sayu beraksi.

Atlet yang akrab disapa Sayu itu berhasil memimpin nomor XCO dengan mengungguli Nur Assyria Zainal Abidin dari Malaysia, dan Yonthanan Phonkla dari Thailand pada hari pertama pertandingan.

Sementara pada XCR, tim estafet campuran dari Indonesia lain mampu bekerja sama dengan sangat baik sehingga Sayu dapat mengakhiri relay hingga garis finis dengan catatan waktu 50 menit 11 detik.

Gap yang cukup jauh dari tim Thailand di posisi kedua dengan catatan waktu 51 menit 44 detik, dan tim Filipina di posisi ketiga dengan catatan waktu 52 menit 25 detik.

Sayu Bella Sukma Dewi, atet sepeda dari cabang MTB Sayu Bella Sukma Dewi, atet sepeda dari cabang MTB
"Terima kasih semuanya, medannya teknikal dan skill-nya kepakai banget,” ungkap Sayu ke Indonesian Cycling Federation (ICF), Sabtu lalu.

Di balik kerja keras, latihan, skill, dan mentalnya, keberhasilan Sayu ini tak lepas dari sepeda yang dia kendarai.

Pada ajang ini, Sayu turun menggunakan brand sepeda asli Indonesia, Polygon Syncline C series, edisi spesial merah-putih yang telah dipersiapkan untuk Sayu.

Polygon Syncline C series adalah sepeda XC untuk race maupun XC enthusiast yang didesain untuk memberikan performa tinggi serta feel riding yang agresif.

Dengan carbon frame dan ban 29”, Sayu dan Polygon Syncline C unjuk gigi di medan teknikal dan berpasir cross-country.

Frame sepeda Polygon yang digunakan Sayu Bella Sukma Dewi, atet sepeda dari cabang MTB Frame sepeda Polygon yang digunakan Sayu Bella Sukma Dewi, atet sepeda dari cabang MTB
Sayu Bella adalah atlet XC Indonesia yang memulai kariernya mewakili Provinsi Bali pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di tahun 2018. Pada tahun 2020, ia bergabung dengan timnas Indonesia dan mulai mengukir prestasi dan mengharumkan nama bangsa.

Sayu Bella Meraih Medali Perak pada Ajang Asian Continental Championships 2022 di Suncheon, Korea Selatan.

Sebelumnya, Sayu juga sempat menyabet dua medali emas pada ajang Thailand MTB Cup awal tahun 2023 ini, dan medali perak pada ajang Asian Continental Championships pada akhir tahun 2022.

Capaian prestasi Sayu yang semakin meningkat ini tentu disambut baik oleh Indonesia karena sepak terjangnya mampu mengakhiri paceklik emas dalam kategori XCO Putri setelah sebelumnya emas terakhir disumbangkan oleh Kusmawati Yazid pada SEA Games 2013 di Myanmar lalu.

Meskipun sempat terjadi insiden di awal pertandingan hari ketiga dan gagal memberikan emas terakhir untuk Indonesia, tetapi Sayu dan semangatnya menginspirasi anak-anak bangsa untuk bisa terus berjuang dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com