Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Radang Gusi hingga Kehamilan, 5 Penyebab Umum Gusi Bengkak

Kompas.com - 16/05/2023, 19:24 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Gusi bengkak merupakan salah satu gangguan kesehatan mulut yang gejalanya bisa mengganggu rutinitas.

Gusi bengkak biasanya ditandai dengan gusi yang memerah, terasa nyeri, iritasi, bengkak, hingga membuatnya mudah terluka dan berdarah.

Meski gejalanya terbilang ringan, namun penanganan yang terlambat bisa menyebabkan sejumlah komplikasi yang cukup serius, seperti masalah infeksi gusi.

Baca juga: Tak Cuma Sikat Gigi, Ada 4 Cara Sederhana Cegah Gusi Bengkak 

Penyebab umum gusi bengkak

Ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab gusi bengkak. Mulai dari perilaku kita saat menjaga kebersihan mulut hingga sejumlah kondisi tertentu.

Dengan mengetahui penyebab gusi bengkak, setidaknya seseorang akan lebih mudah mengidentifikasi penyebab hingga penanganan yang tepat. 

Melansir dari laman Healthline, berikut penyebab umum gusi bengkak yang perlu disadari untuk mengetahui akar permasalahan yang satu ini. 

1. Radang gusi

Menurut jurnal yang dipublikasikan dalam PubMed Central oleh National Institute of Health di AS, penyebab umum gusi bengkak yang paling sering adalah gingivitis akibat kebersihan gigi dan mulut yang buruk.

Banyak orang tidak tahu bahwa mereka menderita gingivitis karena gejalanya bisa sangat ringan. Namun jika tidak diobati, radang gusi pada akhirnya dapat menyebabkan kondisi yang jauh lebih serius yang disebut periodontitis dan kemungkinan kehilangan gigi.

2. Kehamilan

Menurut laman Healthline, gusi bengkak juga sering terjadi pada ibu hamil. Hal itu bisa terjadi karena di fase kehamilan, ada aliran hormon yang diproduksi tubuh yang bisa meningkatkan aliran darah ke area gusi. 

Peningkatan aliran darah ini dapat menyebabkan gusi lebih mudah mengalami iritasi hingga menyebabkan pembengkakan. 

Di samping itu, perubahan hormonal pada ibu hamil juga dapat menghambat kemampuan tubuh melawan bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi gusi. Ini dapat meningkatkan peluang ibu terkena radang gusi.

Baca juga: 5 Perawatan Gusi Bengkak agar Tidak Semakin Parah 

Ilustrasi ibu hamil 

Dok. Shutterstock Ilustrasi ibu hamil

3. Infeksi bakteri

Infeksi mulut yang disebabkan oleh jamur dan virus juga menjadi penyebab umum gusi bengkak baik pada wanita, pria hingga anak-anak. 

Komplikasi dari gigi yang terinfeksi seperti abses gigi, dapat menyebabkan pembengkakkan di dekat gigi sehingga menimbulkan bengkak yang bisa merambat ke area pipi. 

Namun sebetulnya masalah gusi bengkak cukup mudah dicegah dengan rutin memerhatikan kebersihan gigi dan mulut setiap hari.

4. Menyikat dan flossing terlalu keras

Tekanan yang berlebihan pada saat membersihkan gigi dapat memicu masalah termasuk gusi bengkak. 

Halaman:
Sumber Healthline


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com