Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Aidos dari Yunani Kuno, Menjalani Hidup Bahagia di Era Modern

Kompas.com - 18/05/2023, 20:00 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

Sumber Inc.

KOMPAS.com - Berbagai istilah yang ditemukan dalam situs Yunani kuno sering terdapat kata-kata yang bisa dijadikan "pedoman" manusia di kehidupan modern.

Dalam hal ini, pemikiran para filsuf Yunani meliputi beragam hipotesis dan teori, sehingga kata-kata yang tertulis tidak cuma sekadar kata, melainkan ada makna yang tersirat di dalamnya.

Seperti pada suatu kata yang disebut "Aidos" dari Yunani Kuno yang memiliki makna mendalam.

Kata itu memiliki makna tertentu dan bisa membantu manusia menjalani kehidupan yang sukses dan bahagia di era modern.

Baca juga: Bagaimana Kehidupan Sehari-hari Orang Yunani Kuno? 

Melansir dari laman Inc, ahli bahasa dan psikolog bersikeras bahwa mempelajari istilah kuno dapat memperluas rangkaian kata yang bisa digunakan untuk menggambarkan dunia di sekitar kita dan reaksi terhadapnya.

Kata-kata tersebut tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi tetapi mampu menggambarkan perasaan dan pengalaman yang juga membantu memahami dan mengendalikan emosi kita.

"Perincian emosional memiliki istilah yang tepat utnuk sebuah perasaan sehingga membantu otak kita kapan harus bertindak dan dilakukan," jelas Lisa Feldman Barret, profesor psikologi di Northeastern University.

Baca juga: Mitos dan Sejarah Poseidon, Dewa Laut Yunani Kuno 

Makna istilah "Aidos" dari Yunani Kuno

Barret mengatakan bahwa tidak perlu banyak kata untuk meyakinkan bahwa aidos adalah konsep yang dibutuhkan masyarakat modern.

Aidos bisa digambarkan sebagai perasaan hormat atau malu yang menahan pria dan perempuan untuk tidak melakukan kesalahan.

Hal itu juga mencakup emosi yang mungkin dirasakan orang kaya terhadap orang miskin, seperti anggapan bahwa kekayaan adalah perihal perbedaan keberuntungan atau sebuah prestasi.

Anggapan kuno dan Kristen modern saat ini memiliki sejumlah poin yang sama, keduanya menggambarkan penolakan terhadap egois, kesombongan, perilaku berlebihan yang merupakan pengakuan atas keterbatasan manusia.

Di era modern, mengurangi ego dan apresiasi sangat berperan untuk meraih kehidupan yang sukses dan bahagia.

Memahami makna dari istilah peradaban kuno setidaknya dapat membantu kita belajar lebih banyak hingga mendengarkan lebih baik .

Pada kata aidos ini, terkandung beberapa makna yang mencakup kerawanan nasib baik dan kemungkinan mengurangi perilaku yang merugikan bagi diri dan sekitar.

Menurut para ahli, kualitas perilaku seperti sudah cukup langka ditemukan di masyarakat modern yang kini sudah terpecah-belah.

Baca juga: Misteri Hilangnya Peradaban Kuno di China 4.000 Tahun Lalu Terungkap, Seperti Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Inc.
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com