Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilihan Puteri Indonesia 2023 Datangkan Tiga Ratu Kecantikan Dunia

Kompas.com - 19/05/2023, 20:35 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Malam puncak kontes kecantikan Puteri Indonesia 2023 digelar pada hari ini, di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (19/5/2023). 

Setelah melalui serangkaian proses yang dimulai dari tahap audisi, materi hingga karantina selama beberapa bulan, 45 finalis yang mewakili 34 provinsi di Tanah Air akan memperebutkan mahkota Puteri Indonesia 2023.

"Ini adalah ajang tertua dan terbesar yang sudah meghasilkan putri-putri yang bisa membanggakan dan mencetak prestasi di dalam negeri dan mancanegara."

Demikian kata Putri Kus Wisnu Wardani (Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia) dalam konferensi persnya di JCC, Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Kontes kecantikan yang sudah 26 kali di gelar ini persaingannya akan semakin ketat.

Mekanisme penilaian dari 45 finalis dari 34 provinsi di Indonesia akan disaring menjadi 15 besar, 12 finalis di antara merupakan pilihan dewan juri dan 3 finalis lainnya merupakan pilihan pemirsa.

Setelah ditemukan Top 15, nantinya finalis akan diperkecil lagi menjadi tahap 6 besar, kemudian disaring menjadi 3 besar.

Pemilihan pun tak cuma mengutamakan 3B alias Beauty, Brain dan Behavior, tetapi juga ada tambahan kriteria lain yaitu Be Brave (keberanian) dan Be Right (menentukan pilihan yang benar). 

Sejumlah gelar pun juga sudah dipersiapkan di malam grand final, yaitu Puteri Indonesia 2023, Puteri Indonesia Lingkungan 2023, Puteri Indonesia Pariwisata 2023, Puteri Indonesia Persahabatan, Puteri Indonesia Berbakat, Puteri Indonesia Intelegensia, dan Puteri Indonesia Favorit.

Khususnya untuk pemenang Puteri Indonesia juara 1, 2, dan 3 akan berkesempatan membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional seperti, Miss International, Miss Supranational dan Miss Charm.

Baca juga: Tanpa Miss Universe, Puteri Indonesia 2023 Janjikan Banyak Hal Baru 

Kehadiran 3 ratu kontes kecantikan dunia

3 ratu kontes kecantikan dunia di konferensi pers Pemilihan Puteri Indonesia 2023, di JCC, Jakarta, Jumat (19/5/2023). KOMPAS.COM / DINNO BASKORO 3 ratu kontes kecantikan dunia di konferensi pers Pemilihan Puteri Indonesia 2023, di JCC, Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2023 juga menghadirkan tiga ratu dari kontes kecantikan dunia.

Mereka adalah Miss International 2022, Jasmin Selberg dari Jerman, Miss Supranational 2022, Lalela Mswane dari Afrika Selatan dan Miss Charm 2023, Luma Russo dari Brasil.

Kehadiran Miss Charm 2023 ini pun seolah membawa angin segar baru bagi runner up 2 untuk bisa berkarya di kancah internasional.

"Ini pertama kalinya kami menghadirkan Miss Charm karena kami baru saja mendapatkan lisensinya."

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com