Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2023, 06:53 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Cuaca panas yang akhir-akhir ini melanda membuat hari-hari terasa terik dan menyengat.

Sinar UV dari matahari yang berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi kulit – diantaranya adalah penuaan dini seperti munculnya bintik hitam dan warna kulit yang tidak merata serta berkurang elastisitasnya.

Selain itu, paparan dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan kulit terbakar atau sunburn, dan akan memerlukan waktu lama untuk memperbaiki kulit yang sudah rusak.

Baca juga: Ini Cara Mudah Atasi Wajah Kusam dan Lengket saat Cuaca Panas

Untuk menghindari efek negatif dari sinar UV di cuaca ekstrem ini, simak beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu:

1. Kurangi aktivitas luar ruang di siang hari

Hindari sinar matahari langsung dari pukul 11 hingga jam 2 siang mengingat index sinar UV sedang tinggi-tingginya di waktu tersebut.

Yang perlu kamu tahu, meskipun keadaan siang hari berawan dan terasa tidak menyengat, sinar UV tetap dapat menerobos dan terpapar ke kulit, lho!

2. Gunakan sunscreen baik di luar maupun dalam ruangan

Paparan harian terhadap agresor eksternal seperti sinar UV dan polusi sangat berkontribusi terhadap kerusakan kulit yang menjadikan kulit kusam, dehidrasi dan munculnya tanda penuaan dini.

Tanpa kita sadari, sinar UV juga bisa masuk ke dalam ruangan lewat jendela dan celah-celah, sehingga alangkah baik untuk kulit bila kamu tetap menggunakan sunscreen setiap harinya. Better safe than sorry!

3. Pilih kandungan SPF yang memadai

SPF atau Sun Protection Factor merujuk pada kemampuan sunscreen untuk melindungi kulit. Angka SPF yang dapat kamu temukan di pasaran beragam, mulai dari SPF 15, SPF 30 hingga SPF 50.

Untuk pemakaian sehari-hari, SPF 50 akan memadai untuk perlindungan yang optimal.

4. Pastikan kulit ternutrisi

Untuk perlindungan tambahan dan perawatan di saat cuaca panas, kita perlu memberi perhatian ekstra terhadap kulit agar tetap sehat dan terhidrasi.

Jangan lupa untuk menggunakan rangkaian skincare yang tepat di pagi dan malam hari untuk mempercepat regenerasi kulit.

5. Pilih rangkaian Skincare & SPF yang cocok

Memilih apa yang kita pakai di kulit adalah hal yang tidak kalah penting. Bahan-bahan yang cocok dengan kulit kita akan membantu menjaga kesehatannnya.

Bila apa yang kita pakai tidak cocok, maka perlindungannya akan sia-sia, bahkan justru bisa merugikan bila menimbulkan efek yang negatif.

Sebaiknya memilih produk yang sudah teruji secara klinis.

Baca juga: 9 Tips Menghadapi Cuaca Panas Ekstrem

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com