Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Setelah Liburan

Kompas.com - 20/05/2023, 15:41 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Saat liburan, biasanya ada banyak hidangan yang kamu konsumsi dan ternyata mengandung kolesterol tinggi. Pentingnya mengetahui cara turunkan kolesterol.

Kolesterol adalah lemak yang berasal dari bahan makanan hewani dan juga hasil produksi tubuh. Dalam jumlah normal, kolesterol sebenarnya bermanfaat bagi tubuh. Ini yang dalam dunia kesehatan dikenal sebagai kolesterol baik. Fungsinya adalah untuk menjalankan kerja saraf dan otak.

Namun, level kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Biasanya, kolesterol yang tidak sehat bisa terdapat pada makanan yang kita konsumsi seperti daging merah, gorengan, daging olahan, dan makanan manis.

Nah, keinginan untuk mengonsumsi jenis makanan ini biasanya ada saat kita sedang menikmati liburan. Agar tidak mengganggu kesehatan, perhatikan kebiasaan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi!

Baca juga: 5 Cara Terbaik untuk Turunkan Kadar Kolesterol

Cara efektif menurunkan kolesterol tinggi

Menikmati makanan-makanan yang lezat saat sedang liburan sebenarnya bukan masalah. Asalkan, kamu mampu mengontrol diri dengan baik. Namun, ada beberapa cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi setelah liburan, yaitu:

1. Mengurangi konsumsi lemak tidak sehat

Untuk turunkan kolesterol di dalam tubuh, coba ubah pola makanmu usai liburan. Cobalah mulai kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak tidak sehat.

Mengutip dari Halodoc, makanan seperti daging merah, produk olahan susu berlemak, dan makanan cepat saji bisa meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Hal ini bisa terjadi karena makanan-makanan tersebut mengandung lemak tak jenuh yang sulit untuk terpecah di dalam tubuh.

2. Meningkatkan konsumsi makanan dengan omega 3 dan serat

Alih-alih lemak tidak jenuh, kita bisa mengonsumsi makanan yang menganduk asam lemak jenuh seperti omega 3 dan juga serat.

Untuk omega 3, kita bisa mengonsumsi ikan seperti makarel, salmon, kacang, dan biji-bijian. Selain menurunkan kolesterol, bahan pangan ini juga bisa menurunkan tekanan darah.

Selain itu, konsumsi makanan berserat bisa mengurangi absorpsi kolesterol ke dalam darah. Untuk mendapatkan manfaat ini, kita bisa mengonsumsi bahan makanan seperti oatmeal, apel, pir, brokoli, dan kembang kol.

3. Tingkatkan aktivitas fisik

Setelah liburan, usahakan tetap menjaga tingkat aktivitas fisik yang dilakukan. Cobalah olahraga ringan di sela-sela waktu luang yang ada. Ternyata, rutin berolahraga dapat menurunkan kolesterol di tubuhmu.

Ketika kita beraktivitas fisik seperti jogging, berjalan, olahraga aerobik, atau bahkan bersepeda, kolesterol baik di dalam tubuhmu bisa meningkat.

Lebih dari itu, berolahraga juga bisa menurunkan berat badan yang bermanfaat pula untuk menurunkan kolesterol. Waktu berolahraga yang dokter sarankan adalah 30 menit per hari.

Baca juga: 10 Makanan yang Bisa Dikonsumsi untuk Turunkan Kolesterol Jahat

4. Tidak merokok

Usahakan jika kamu merokok, kurangi konsumsi rokok sedikit demi sedikit hingga berhenti. Merokok sangat merugikan untuk tubuh karena bisa meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com