Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Brompton Termahal? Dibuat Tahun 1981, Dijual Rp 464 Juta

Kompas.com - 21/05/2023, 15:24 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah sepeda Brompton produksi tahun 1981 dijual melalui proses lelang seharga 25.000 poundsterling atau sekitar Rp 464 juta.

Model ini diyakini sebagai model tertua yang ada hasil produksi pabrikan asal Inggris tersebut.

Menurut distributor yang melelangnya, Cyclecare Swindon, sepeda lipat berusia 42 tahun ini masih dalam kondisi sangat bagus, kecuali spakbornya.

Rencananya, proses lelang akan berakhir pada 4 Juni 2023 mendatang. Akankah ini menjadi seri sepeda Brompton yang termahal di dunia?

Baca juga: Brompton Tarik Sejumlah Sepeda Lipat Listriknya, Ada Apa?

Dirawat selama lebih dari 30 tahun

Sepeda Brompton pertama kali dirancang oleh Andrew Ritchie pada tahun 1975, dan setelah mencoba untuk mendapatkan lisensi desain, Brompton pertama kali diproduksi pada tahun 1981.

Merek ini pun kian meraih kesuksesan yang besar hingga masa sekarang.

Terakhir, Brompton meluncurkan produk Superlight T Line dan Electric P Line sebagai dua kreasi terbaru, yang sekaligus membantu mendongkrak penjualan di seluruh dunia.

Salah satu buktinya, pada Selasa lalu pabrikan sepeda ikonik ini mendapatkan investasi sebesar 19 juta Poundsterling dari BGF.

BGF, yang berdiri sejak 2011 adalah kependekan dari Business Growth Fund, yakni perusahaan investasi untuk perusahaan kecil dan menengah di Inggris Raya dan Irlandia.

Baca juga: Varian Sepeda Lipat Brompton Segera Berganti Nama, Ada Apa?

Nah, untuk sepeda lipat No 2 yang dibuat pada tahun 1981 yang dilelang ini, diketahui dirawat oleh Tim Whitty dari Cyclecare Swindon. selama lebih dari 30 tahun.

Pada internal hub tiga percepatan dari Sturmey Archer yang dipakai di sepeda ini, tertera tahun dan bulan produksi, Mei 1980.

"Saya telah menjadi dealer Brompton sejak tahun 1988 dan sepeda No 2 ini datang kepada saya lebih dari 30 tahun yang lalu," kata Whitty seperti dikutip dari laman Cycling Weekly.

"Saya menukarnya dengan sepeda lain. Saya memiliki nama pemilik aslinya, dan dapat memberikan informasinya kepada penawar lelang yang menang nantinya," kata dia.

Baca juga: T Line, Sepeda Baru Brompton Full Titanium, Berat Cuma 7,45 Kg

Sepeda Brompton asli dari tahun 1981 dijual melalui proses lelang dengan harga 25.000 poundsterling atau sekitar Rp 464 juta.Cyclecare Swindon Sepeda Brompton asli dari tahun 1981 dijual melalui proses lelang dengan harga 25.000 poundsterling atau sekitar Rp 464 juta.

Menurut dia, Brompton No 2 ini jelas menunjukkan perkembangan konsepnya, sebelum menjadi sepeda lipat yang kita kenal sekarang.

"Sepeda ini unik karena lipatan rangka dan batangnya. Kedua lipatan ini dilakukan dengan menggunakan tuas/mekanisme pengunci," tutur dia.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com