Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Arloji Indah Bell & Ross, Terinspirasi Penerbangan hingga Kedalaman Laut

Kompas.com - 25/05/2023, 11:58 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sebagai merek yang dikenal dengan keindahan desain bergaya instrumennya, jam tangan Bell & Ross selalu dinanti para pemerhati arloji.

Kebanyakan arloji Bell & Ross mendapatkan inspirasinya dari dunia penerbangan, mengingat pendirinya, Bruno Belamich dan Carlos Rosillo memiliki latar belakang militer.

Namun mereka tidak hanya membuat jam tangan pilot, melainkan juga jam tangan untuk dipakai sehari-hari, hingga untuk menjelajahi laut. Semua dibuat dengan apik, layaknya perpaduan keindahan seni Perancis dengan keahlian mekanik Swiss.

Di Watches & Wonders 2023, merek asal Perancis tersebut merilis koleksi bergaya klasik yang indah lewat tiga jam tangan made in Swiss yang menunjukkan keahlian Bell & Ross di bidangnya.

Apa saja koleksi barunya?

1. Green Gold

Bell & Ross BR 05 Green Gold Bell & Ross BR 05 Green Gold
Bell & Ross merilis seri BR 05 baru dalam edisi emas dengan nuansa hijau. BR 05 Green Gold ini terinspirasi oleh BR 03 yang ikonik, namun dibuat dengan gaya yang lebih halus. Kontur casing dan gelangnya yang terintegrasi memberikan tampilan bersih dan bergaya dengan aura edgy.

Pada bagian belakang jam (caseback), kita bisa melihat mesin BR-CAL.321 otomatis dari balik kaca safir yang menjadi penggerak jam tangan indah berukuran 40 mm ini.

Penggunaan logam mulia 18 karat yang bersinar ini tampak serasi dengan dial jam berwarna hijau yang tak kalah cemerlang. Efek kontras ini muncul dari warna dial dari pelat logam yang dilapisi pernis hijau untuk menciptakan efek pancaran cahaya matahari.

Bila permukaannya terkena cahaya, warna dial ini seolah berubah-ubah dari hijau neon ke hijau gelap.

Sementara warna off-white pada angka dan jarum penunjuk semakin memperkaya dial dengan sentuhan yang elegan. Untuk memastikan keterbacaan yang lebih baik dalam gelap, jarum jam (kecuali jarum detik), angka dan indeks, dilapisi dengan superluminova C3 yang bercahaya.

Bell & Ross BR 05 Green Gold Bell & Ross BR 05 Green Gold
Bell & Ross memberikan dua pilihan model strap untuk BR 05 Green Gold. Yang pertama adalah gelang terintegrasi berbahan emas, serta tali kulit buaya klasik untuk memberi kesan kontras. Ini adalah pertama kalinya BR 05 mengunakan strap kulit.

Baca juga: Bell & Ross Bangkitkan Kembali Jam Tangan Bertema Tengkorak

Bronze Diver

Bell & Ross BR 03-92 Diver White Bronze

Bell & Ross BR 03-92 Diver White Bronze
Bell & Ross BR 03-92 Diver White Bronze
Untuk menjelajahi kedalaman laut, diperlukan peralatan yang sangat akurat dan efektif. Umumnya jam tangan selam berbentuk bulat dan sederhana.

Namun karena tidak ada larangan tampil keren di dasar laut, maka Bell & Ross merilis BR 03-92 Diver White Bronze berbentuk kotak yang menjadi ciri khasnya, dengan bahan perunggu dan dial putih mutiara.

Bell & Ross BR 03-92 Diver White Bronze Bell & Ross BR 03-92 Diver White Bronze
Kombinasi dial putih dan casing perunggu ini membangkitkan nostalgia eksplorasi bawah air mengingat perunggu adalah bahan klasik yang banyak dipakai di lingkungan bahari.

Sejak awal manusia mengeksplorasi bawah laut, peralatan untuk penyelam terdiri dari elemen perunggu. Bukan kebetulan jika bagian belakang jam tangan BR 03-92 dihiasi gambar helm penyelam ikonik dari perunggu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com