Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arkeolog Temukan Kuitansi dari Batu, Diduga Berusia 2.000 Tahun

Kompas.com - 25/05/2023, 20:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Para arkeolog dari Israel yang terlibat dalam Israel Antiquities Authority (IAA) menemukan temuan bersejarah.

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan di IAA Atiqot, benda bersejarah ditemukan berupa kuitansi atau catatan transaksi kuno yang terukir pada batu yang diperkirakan usianya mencapai 2.000 tahun.

Batu dengan warna coklat muda itu ditemukan di dalam terowongan yang terhubung ke situs arkeologi yang sudah digali sejak tahun 1800-an di kota Daud, Yerusalem.

Lokasi penemuannya pun diyakini sebagai alun-alun atau pasar yang merupakan area orang-orang Yerusalem zaman dulu bertransaksi.

Baca juga: Mesin Cetak Temuan Bersejarah yang Pertama Kali Digunakan di China 

Sang peneliti, Nahshon Szanton dan Esther Eshel menyatakan, benda ini memiliki makna yang mendalam, terutama pada gambaran sekilas tentang kehidupan sehari-hari penduduk Yerusalem di masa lampau.

"Batu ini seperti tanda terima yang terukir pada lempengan batu kapur yang dikenal untuk digunakan sebagai osuarium - peti pemakaman pada masa Kekaisaran Romawi," ujar peneliti seperti dilansir Hypebeast.

Para peneliti berpendapat bahwa kuitansi berwujud batu itu kemungkinan dibuat oleh perajin osuarium dengan cermat mencatat penjualan dengan tujuan mendokumentasikan transaksi keuangan dengan kliennya.

Tulisan pada batu ini ini memuat tujuh baris teks lengkap dengan nama pelanggan, termasuk penyebutan "Shimon" serta beberapa tulisan numerik yang diindikasikan sebagai transaksi atau pembayaran.

Baca juga: Makna Aidos dari Yunani Kuno, Menjalani Hidup Bahagia di Era Modern 

Sayangnya, batu ini ditemukan dalam keadaan tidak utuh. Pada bagian margin kiri batu tersebut hilang dan belum dipastikan tertulis dalam bahasa Aram atau Ibrani.

Namun, diperkirakan batu tersebut ditulis dengan tangan dan mirip tulisan kursif bangsa Yahudi.

Penemuan batu ini pun seolah membuka pandangan sekilas bahwa penduduk Yerusalem yang hidup di 2.000 tahun lalu juga menggunakan kuitansi untuk tujuan komersial.

"Batu ini menjadi bukti catatan tentang kehidupan sehari-hari dan menyoroti hubungan yang menarik antara perdagangan dulu dan sekarang," ujar salah seorang peneliti.

Baca juga: Kata Pembeli Soal Penutupan Perdagangan Pakaian Impor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com