BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frank & Co

Bukan Sekadar Penunjang Penampilan, Ternyata Ketiga Jenis Perhiasan Ini Juga Punya Makna Lain

Kompas.com - 26/05/2023, 16:55 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Perhiasan kerap dipakai perempuan untuk menunjang penampilan di berbagai kesempatan. Dengan mengenakan perhiasan, perempuan pun tampak lebih cantik dan elegan.

Di balik desain dan kilau yang indah, perhiasan juga memiliki sisi sentimental yang tak ternilai harganya. Misalnya, perhiasan peninggalan orangtua atau keluarga secara turun-temurun dapat membawa kenangan dan nilai-nilai keluarga.

Perhiasan juga memiliki makna-makna lain sesuai dengan jenis di berbagai kebudayaan. Simak ulasan berikut.

1. Anting-anting

Anting-anting sudah digunakan manusia sejak 5.000 tahun lalu. Perhiasan ini punya makna bervariasi, tergantung budaya, tradisi, dan individu di wilayah tertentu. Pada zaman Mesir Kuno, misalnya, anting-anting menandakan status sosial di masyarakat. Sebab, hanya kalangan elite atau bangsawan Mesir Kuno saja yang mengenakan anting-anting.

Sementara itu, pada kebudayaan Persia, anting-anting dipercaya memiliki kekuatan magis atau spiritual untuk melindungi pemakainya dari energi negatif, penyakit, serta bahaya. Maka tak heran, anting-anting di kebudayaan Persia juga dianggap sebagai azimat.

Baca juga: Kemeriahan Perayaan Anniversary Ke-27 Frank & Co

Seiring waktu berjalan, anting-anting memiliki kegunaan yang lebih praktis. Anting-anting digunakan perempuan masa kini untuk menambah kecantikan serta memperindah penampilan. Dengan demikian, pemakaian anting-anting dapat meningkatkan rasa percaya diri penggunanya.

Lantaran bisa meningkatkan kepercayaan diri, anting-anting juga menjadi simbol kekuatan dan kemandirian perempuan. Dengan menggunakan anting-anting, seseorang dapat mengekspresikan diri mereka.

2. Kalung

Kalung sudah digunakan manusia sejak zaman prasejarah. Saat itu, kalung dibuat dari berbagai bahan alami, seperti kerang, gigi, serta tulang belulang. Seiring waktu, logam, seperti emas dan perak, menjadi bahan dasar kalung.

Sama seperti perhiasan lain, penggunaan kalung juga memiliki makna yang beragam, tergantung dari budaya. Masyarakat Mesir Kuno menggunakan kalung sebagai simbol status sosial. Kalung yang terbuat dari emas, perak, permata, serta manik-manik langka digunakan oleh orang-orang berkedudukan sosial tinggi atau bangsawan.

Baca juga: Menyentuh Hati, Film Pendek dari Frank & Co Dipuji Warganet

Sekarang, kalung menjadi simbol cinta antara pasangan, keluarga, atau teman. Kalung yang diberikan sebagai hadiah memiliki makna khusus bagi penerimanya. Kalung keluarga yang diwariskan, misalnya, dapat melambangkan ikatan emosional di dalam keluarga.

Pada masa kini, kalung juga dipakai untuk menambahkan kecantikan dan keeleganan pada penampilan seseorang. Kalung emas berlian, contohnya, dapat meningkatkan pesona dan memberikan tampilan yang lebih menarik kepada penggunanya.

3. Cincin

Cincin kerap dikaitkan dengan simbol keabadian di berbagai kebudayaan. Pasalnya, cincin memiliki bentuk lingkaran tanpa ujung yang melambangkan keabadian.

Sebagai contoh, penggunaan cincin pada jari manis di tangan kanan merupakan simbol ikatan pernikahan dan komitmen pasangan. Pertukaran cincin pada pasangan merupakan perekat janji suci dan ikatan emosional pada pernikahan. Cincin pernikahan juga melambangkan kesetiaan, cinta, dan komitmen seumur hidup.

Selain terkait pernikahan, cincin juga dapat menjadi perhiasan yang menunjukkan pernyataan gaya atau ekspresi pribadi seseorang. Pilihan cincin yang unik, modern, serta kreatif dapat mencerminkan kepribadian, minat, serta preferensi individu pada selera mode tertentu.

Baca juga: Kolaborasi Frank & Co dengan 88rising, Harmonisasi Perhiasan dan Musik

Itulah makna penggunaan perhiasan pada anggota tubuh. Pada era sekarang, perhiasan didesain untuk membuat pemakainya menjadi lebih elegan dan percaya diri. Salah satu jenama perhiasan yang memiliki produk perhiasan bermutu adalah Frank & co.

Sebagai informasi, Frank & co. meluncurkan tiga koleksi perhiasan model terbaru dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-27, yakni Carisse, Frank Fire Peony, serta Frank Deer.

Carisse menggunakan berlian Frank Fire sebagai material utama. Desain rusa pada koleksi ini ditampilkan dengan rancangan sederhana, klasik, tak lekang oleh waktu, tetapi tetap elegan.

Adapun rusa juga merupakan lambang Frank & co. yang menyimbolkan sifat elegan, keanggunan, serta keramahan.

Sebagai informasi, Carisse terdiri atas tiga set perhiasan. Pada set pertama, Carisse menghadirkan Carisse Solitaire Earrings, Carisse Solitaire Ladies Ring, Carisse Solitaire Bangle, Carisse Trilogy Bangle, dan Carisse Eternity Necklace.

 

Carisse Solitaire Bangle. DOK. Frank & co.. Carisse Solitaire Bangle.
Pada set kedua, Carisse menghadirkan Carisse Eternity Bangle 0,30 carat, Carisse Solitaire Earrings, Carisse Solitaire Bangle, Carisse Trilogy Bangle Carisse Solitaire Pendant, Carisse Dolitaire Ladies Ring, dan Carisse Eternity bangle 0,50 carat.

Sementara itu, set ketiga menampilkan Carisse Solitaire Bangle, Carissa Trilogy Bangle, Carisse Solitaire Pendant, Carisse Solitaire Ladies Ring, dan Carisse Solitaire Earrings.

Selanjutnya, set keempat meliputi dua desain Carisse Solitaire Ladies Ring dan dua desain Carisse Solitaire Bangle.

Koleksi Frank & co. selanjutnya adalah Frank Fire Peony. Koleksi ini terinspirasi dari keanggunan bunga peony dan merupakan koleksi perhiasan berlian soliter dengan desain menyerupai bunga Frank Fire.

 

Peony Ladies Ring dari koleksi Frank Fire Peony. DOK. Frank & co.. Peony Ladies Ring dari koleksi Frank Fire Peony.

Cincin berlian tersebut menampilkan satu tingkat kelopak bunga peony yang dibuat menggunakan teknologi bright cutting. Hasilnya, berlian pada pusat cincin terlihat besar serta memberikan kesan manis dan feminin.

Adapun jenis perhiasan yang ditawarkan pada koleksi tersebut juga beragam, yakni cincin, anting-anting emas wanita, gelang, dan pendant.

Keindahan kemilau berlian dari Frank Fire Peony juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi Sarine Light Performance dari Sarine Technology. Untuk diketahui, sertifikasi Sarine Light Performance mengukur kilauan yang terpancar pada berlian (light performance).

Sarine Light Performance menilai, interaksi berlian dengan cahaya merupakan faktor paling menentukan dari penampilan sebuah berlian. Keindahan light performance dipengaruhi berbagai faktor, seperti karakteristik, clarity grade, dan color grade, dan terutama cutting dari sebuah berlian.

Pengukuran Sarine Light Performance dianggap terlengkap di dunia karena memiliki empat indikator penilaian light performance, yaitu brilliance, sparkle, fire, dan light symmetry.

Dalam melakukan penilaian light performance, Sarine menggunakan e-grading dan artificial intelligence yang mampu menghasilkan akurasi dan konsistensi lebih tinggi.

Berdasarkan sertifikasi tersebut, Frank Fire Peony mendapatkan light performance dengan grade tertinggi, yakni ultimate.

Koleksi selanjutnya adalah Frank Deer yang terinspirasi dari keanggunan rusa. Salah satu perhiasan emas murni terbaru pada koleksi ini, Chain Deer Earrings, menampilkan anting-anting emas terbaru dengan desain ikonik Frank & co. Perhiasan ini bisa memberikan kesan cantik dan anggun.

 

Chain Dear Earrings dari koleksi Frank Deer. DOK. Frank & co. Chain Dear Earrings dari koleksi Frank Deer.

Koleksi tersebut terdiri dari tiga produk baru, yakni Chain Deer Earrings yang berdesain sama untuk kedua telinga, Chain Deer Mismatch Earrings yang berdesain berbeda pada kedua telinga, dan Chain Deer Single Earring yang bisa dipakai di satu telinga saja.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai koleksi perhiasan berlian istimewa Frank & co., Anda bisa mengunjungi situs web dan Instagram resmi Frank & co.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com