Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan yang Bisa Bikin Kulit Glowing

Kompas.com - 26/05/2023, 19:32 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat demi kulit glowing seperti tidur yang cukup dan rutin berolahraga tentu bukan hal buruk.

Namun, jika kita mengonsumsi beberapa makanan sehat yang juga dapat membuat kulit glowing dari dalam, tentu akan lebih baik lagi.

Untuk itu, simak paparan tentang tujuh makanan yang dapat membuat kulit glowing berikut ini, seperti dikutip dari Prevention.

Baca juga: 5 Tips Sederhana untuk Membuat Wajah Glowing Menurut Dokter Kulit

Tomat

Makanan pertama yang dapat membuat kulit glowing adalah tomat.

“Tomat sangat baik bagi kesehatan kulit karena kaya akan vitamin C dan lycopene, karotenoid kuat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan juga dapat membantu melindungi dari sel kanker,” kata celebrity chef dan ahli gizi bersertifikat Serena Poon.

Salmon

Bukan hanya sehat, salmon juga bisa bermanfaat untuk kecantikan kulit lho.

Menurut dokter kulit bersertifikat Dr. Dustin Portela D.O., FAAD, salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu mempertahankan kelembapan kulit, mengurangi peradangan, dan melindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari,

“Asam lemak omega-3 pada salmon memiliki efek anti peradangan, mengurangi kemerahan dan iritasi yang dapat membuat kulit terlihat kusam,” ujarnya.

Namun juga tidak suka mengonsumsi dagingnya secara langsung, kita bisa mencoba memakan suplemen minyak ikan berkualitas tinggi yang kaya akan EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) secara rutin.

Blueberry

Buah ini merupakan salah satu kunci awet muda lho.

Ya, blueberry, buah yang biasa dijadikan camilan sehat atau topping pada yogurt ini kaya akan antioksidan, terutama anthocyanin dan vitamin C, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.

“Vitamin C juga berperan penting dalam sintesis kolagen, membantu mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit,” kata Portela.

Baca juga: 10 Hal Sederhana agar Kulit Glowing Tanpa Perawatan Mahal

Ubi

Jika ingin kulit glowing dan nampak awet muda, konsumsilah ubi dan makanan dengan warna oranye lainnya.

“Ubi tinggi akan karotenoid, yang dikenal dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan membantu meningkatkan elastisitas kulit, menghidrasi kulit, dan memperbaiki teksturnya,” kata Poon.

Selain itu, Poon juga mengatakan bahwa karotenoid dapat membantu mengatasi keriput dan bintik hitam.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com