Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Gaya Gentleman Aktor James Bond dari Masa ke Masa

Kompas.com - 28/05/2023, 06:35 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Bagi pecinta film, sosok James Bond bukanlah agen rahasia biasa. Pasalnya, Bond juga dianggap sebagai trendsetter fashion bagi pria dari masa ke masa. Tapi, apa alasannya?

Sejak Ian Fleming mengangkat sosok Bond dalam novelnya tahun 1953 dan pertama kali difilmkan tahun 1962, Bond dipandang mewakili gaya gentleman sejati.

Hal tersebut digambarkan lewat konsistensi Bond mengenakan setelan tuxedo, sepatu chukka, dan celana chinos. Bahkan, aura maskulinnya tetap memancar kendati ia berjibaku menjalankan misi.

Gaya necis sang agen 007 terus dipertahankan sampai No Time to Die (2021). Faktor inilah yang membuat banyak orang lupa bahwa Bond adalah agen rahasia saking gaya berbusananya yang keren.

Baca juga: Arloji James Bond dari Masa ke Masa

Gaya James Bond dari masa ke masa

Nah, sejak James Bond debut di layar lebar melalui Dr. No (1962), setiap aktor sang agen 007 punya ciri khas tersendiri dalam urusan berbusana.

Berikut gaya James Bond dari masa ke masa diurutkan mulai dari yang paling tidak populer ke yang paling disukai penggemarnya.

1. Timothy Dalton

Timothy Dalton pernah didapuk sebagai pemeran Bond sebanyak dua kali untuk The Living Daylight (1987) dan Licence to Kill (1989).

Selama perannya sebagai Bond, penampilannya secara keseluruhan dinilai sangat kontras ketimbang aksi dan aura flamboyan Roger Moore -pemeran Bond sebelum Dalton.

Untungnya, Dalton mendapatkan momentum dengan membawa sedikit gaya busananya sendiri ke dalam peran.

Ia memilih menampilkan pakaian oversized dengan celana berpinggang tinggi, dan sepatu deck. Ini adalah gaya kasual Bond yang santai tapi tidak terlalu buruk.

Roger Moorevia Ape to Gentleman Roger Moore

2. Roger Moore

Selama 12 tahun, Roger Moore memerankan Bond sebanyak tujuh kali. Ia menjadi pemeran Bond terlama dengan ikon gaya yang sulit dilawan dan auranya yang sedikit playboy.

Sebagai Bond, Moore ikonik berkat jas double-breasted dengan dua kancing paralel, kerah kemeja yang melebar, dan kancing atas yang terbuka.

Gaya berbusana tersebut pernah ditampilkan Moore dalam satu scene For Your Eyes Only (1981) di mana ia mengenakan jas double-breasted, celana gabardin, dan kemeja biru.

Pierce Brosnanvia Ape to Gentleman Pierce Brosnan

3. Pierce Brosnan

Pierce Brosnan adalah aktor kelima yang memerankan Bond dan membintangi empat film sekaligus antara tahun 1995 dan 2002.

Ketika didapuk memerankan Bond, ia mengambil alih gaya Moore yang apik, selera Dalton yang santai, dan membawa penampilan Bond menjadi klasik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com