Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2023, 10:22 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Membersihkan rumah sering kali terasa seperti tugas yang melelahkan dan mungkin membuat frustasi ketika kita merasa telah menyelesaikan satu pekerjaan, lalu kekacauan lain muncul.

Namun, jika kita menghindari tugas pembersihan tertentu, atau melakukannya dengan cara tertentu, kekacauan dan kotoran di rumah dapat segera menjadi hal yang mengundang tikus.

Menurut para ahli pengendalian hama, kebiasaan tertentu ternyata bisa menarik tikus ke dalam rumah. Nah, mari simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: 4 Fakta tentang Tikus di Dalam Rumah

1. Menyimpan makanan di dalam kantong plastik

Tentu saja, menyimpan kantong plastik yang tertutup rapat berisi makanan ringan sisa di dapur mungkin terlihat seperti cara yang baik untuk menjaga potensi kekacauan.

Tetapi, kebiasaan itu justru dapat membuat kita menghadapi masalah dengan tikus sebelum kita menyadarinya.

"Tikus selalu mencari sumber makanan," kata Scot Hodges, seorang ahli entomologi bersertifikat dan ahli hama dari Arrow Exterminators.

"Jadi untuk menghindari hama ini datang, sangat penting untuk memastikan bahwa kita tidak meninggalkan makanan apa pun di tempat terbuka atau disimpan di wadah yang tidak tertutup," saran dia.

2. Tidak rutin menyedot debu

Menyedot debu mungkin bukan pekerjaan yang paling menyenangkan yang kita lakukan sepanjang minggu, tetapi ini adalah pekerjaan yang penting jika kita ingin membasmi hama.

"Menjaga lantai tetap bersih, baik karpet maupun permukaan yang keras, sangat penting untuk mencegah tikus," ujar Hodges.

"Remah-remah atau tumpahan makanan sekecil apa pun di lantai dapat menarik perhatian hewan pengerat, jadi pastikan kita sering menyedot debu dan membersihkan tumpahan apa pun di rumah sesegera mungkin," ujar dia.

3. Membiarkan piring terendam di wastafel

Membiarkan piring terendam semalaman di wastafel mungkin akan membuatnya lebih mudah dibersihkan keesokan paginya.

Namun, ini juga bisa membuat ruangan di rumah kita lebih menarik bagi hama.

"Sumber air terbuka adalah faktor yang membuat tikus kembali, jadi pastikan untuk menutup semua sumber air yang mungkin ada," saran Ethan Howell, salah satu pemilik Florida Environmental Pest Management.

Baca juga: Ketahui, Efek Samping Gigitan Tikus dan Tips Perawatannya

4. Membiarkan cucian menumpuk

Menyortir dan menyimpan cucian bisa memakan waktu yang sangat lama sehingga banyak orang meninggalkan pakaian bersih mereka di keranjang atau tumpukan selama berhari-hari.

Sayangnya, hal ini dapat membuat ruangan kita menjadi sarang hama.

Halaman:
Sumber Best Life


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com