Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Alami Panic Attack di Depan Umum

Kompas.com - 01/06/2023, 06:06 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Panic attack atau serangan panik adalah kondisi munculnya rasa takut dan cemas berlebih yang bisa muncul secara tiba-tiba pada siapa saja dan di mana saja.

Karena itulah, bukan hal yang aneh jika panic attack terjadi saat kita sedang berada di tempat umum atau hadapan publik.

Sayangnya, mengalami panic attack di tempat umum tidak semudah saat mengalaminya di rumah dan menjadi kesulitan berbeda.

Dr. Kristin Bianchi, psikolog di Maryland’s Center for Anxiety & Behavioral Change pun meyakini bahwa panic attack di tempat umum memiliki tantangan tersendiri.

“Mengalami panic attack di depan umum akan membuat seseorang merasa lebih stres. Akses pada aktivitas menenangkan dan orang lain pun lebih mudah didapat di rumah dibandingkan dengan di tempat umum,” ujar Bianchi sebagaimana dikutip dari Healthline.

“Terlebih lagi di rumah, orang-orang dapat mengalami panic attack secara privat tanpa harus takut seseorang menyadari rasa stresnya dan bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan mereka,” tambahnya.

Bianchi juga mengatakan bahwa stigma dan rasa malu akan menjadi komponen terbesar dalam panic attack di depan umum.

Menurutnya, banyak kliennya yang membeberkan bahwa mereka takut membuat perhatian tertuju pada dirinya saat mengalami panic attack di depan umum.

“Biasanya mereka akan khawatir orang lain berpikir bahwa mereka gila atau tidak stabil,” kata Bianchi.

Kendati demikian, Bianchi menekankan bahwa sebenarnya gejala panic attack yang kita alami mungkin tidak akan disadari oleh orang lain.

Baca juga: Simak, Teknik Pernapasan untuk Mengatasi Panic Attack

“Di sisi lain, rasa stres seseorang mungkin bisa disadari oleh orang lain, namun itu bukan berarti bahwa orang lain akan langsung berpikir tidak-tidak tentang orang yang mengalami panic attack tersbeut. Mereka bisa saja hanya berpikir bahwa penderita panic attack sedang merasa tidak sehat atau sedang mengalami hal buruk,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bianchi pun membeberkan lima hal yang harus dilakukan saat mengalami panic attack di depan umum.

Berikut tipsnya

Bawa alat menenangkan diri di tas atau mobil

Jika mudah mengalami panic attack di depan umum, bawalah beberapa alat untuk menenangkan diri yang dapat membantu memperlambat napas dan kembali terhubung dengan momen yang terjadi saat ini.

Berikut beberapa barang yang direkomendasikan Bianchi:

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com