Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2023, 12:00 WIB
Gading Perkasa,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jerawat adalah masalah yang dialami hampir setiap orang, tidak terkecuali pemeran film seperti Shareefa Daanish.

Sejak remaja, kulit Shareefa bisa dikatakan bandel atau tidak pernah mengalami jerawat. Namun menginjak usia 38 tahun, jerawat itu mulai muncul.

"Jerawat muncul di area dagu, rahang, sekitar bibir. Panik aku tiba-tiba jerawatan," sebut Shareefa dalam talkshow bersama La Roche-Posay di acara Beautyfest Asia di Pacific Place, Jakarta, Jumat (2/6/2023).

"Ada yang bilang jerawat itu disebabkan oleh masker, juga hormon, lalu aku cari tahu. Aku cari informasi melalui sosmed kan enggak tersaring, setiap orang bisa menyarankan apa saja."

Beberapa menyarankan agar ia lebih sering membersihkan wajah, namun cara itu membuat kulitnya lebih kering.

Baca juga: Pakai Tea Tree Oil untuk Atasi Jerawat, Mau?

Bahkan, pemeran Jenar dalam film Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 itu sempat menggunakan pasta gigi, lemon, hingga cuka apel.

Sayangnya, semua cara tersebut tidak membantu membersihkan kulit dari jerawat.

"Aku coba juga berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D, karena jerawat katanya akibat kekurangan vitamin D. Malah jerawat aku makin parah," imbuh Shareefa.

Berkonsultasi dengan dokter kulit

Ahli dermatologi dr Silvia Veronica, SpKK, FINSDV dalam kesempatan yang sama menyebutkan pentingnya berkonsultasi dengan dokter kulit dalam mengatasi jerawat.

"Pertama, carilah dokter kulit tapi yang benar-benar ahli dermatologi, kemudian akan dilihat jenis jerawatnya," kata Silvia.

Menurut Silvia, keadaan akan menjadi lebih baik setelah mengunjungi ahli dermatologi, dibandingkan sekadar mencari informasi melalui internet.

"Jangan coba mendiagnosis sendiri," sambungnya.

Baca juga: Manfaat Vitamin C untuk Jerawat, Sudah Tahu?

Penyebab jerawat sangat beragam, sehingga solusinya harus sesuai. Jika kondisi jerawat tergolong sedang dan berat, konsultasi dengan dokter kulit sangat diperlukan.

Langkah itulah yang pada akhirnya dilakukan Shareefa, pergi ke dokter kulit untuk memperoleh penanganan yang tepat.

"Setelah konsultasi, ternyata jerawatku termasuk jenis adult acne," tutur dia.

Adult acne merupakan masalah jerawat yang cenderung dialami seseorang di usia 20-40 tahun.

Pasca mengalami jerawat di kulit, Shareefa rutin menerapkan skincare seperti pelembap untuk menjaga penghalang kulit, sunscreen, dan double cleansing (khusus di malam hari).

Tidak lupa, ia berusaha mengelola stres dengan menjalani yoga.

"Aku mencoba berdamai dengan jerawat sekitar setengah tahun," kata Shareefa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com