Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vegan dan Clean Beauty, Tak Cuma Ramah di Kulit tapi Juga Lingkungan

Kompas.com - 05/06/2023, 05:25 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di balik wajah yang glowing dan terawat, tentu ada proses panjang untuk mendapatkannya.

Salah satu caranya bisa menggunakan rangkaian produk skincare yang kini menjadi andalan bagi masyarakat, khususnya bagi kaum Hawa.

Berbagai produk skincare itu tak cuma bisa merawat kulit dengan baik tetapi juga mengatasi berbagai masalah kulit yang dialami.

Tapi sayangnya masih banyak produk skincare yang dijual dengan bahan kimia berbahaya bahkan tidak bertanggung jawab pada keberlangsungan lingkungan.

Karena itu, lini skincare vegan dan clean beauty hadir dengan formula yang tidak cuma ramah di kulit, tetapi juga untuk keberlangsungan lingkungan yang lebih berkelanjutan.

Baca juga: Base Luncurkan Gloss & Go, Lip Tint Pertamanya yang Berbahan Vegan 

Keunggulan vegan dan clean beauty

Ilustrasi produk kecantikan berbahan veganN-essentials Ilustrasi produk kecantikan berbahan vegan

Vegan beauty merupakan produk kecantikan yang mengandung bahan secara keseluruhan dari tumbuhan.

Beberapa contoh bahan yang tidak digunakan pada produk skincare vegan ini meliputi madu, beeswax, gelatin, kolagen hewani, squalene, hingga gelatin.

Produk vegan beauty juga biasanya aman bagi lingkungan karena bahan baku alaminya didapat dari alam serta tidak diuji coba pada hewan untuk menilai efektivitasnya.

Sedangkan clean beauty merujuk pada produk perawatan kulit yang menggunakan bahan bahan yang aman dan non toxic bagi kulit dan juga dampaknya pada lingkungan.

Seperti kita tahu bahwa beberapa produk kecantikan atau perawatan kulit ada yang diperoleh melalui cara yang eksploitatif, baik itu material utamanya hingga dampaknya pada lingkungan.

Bahkan demi keamanan ekosistem, kedua konsep itu juga memastikan transparansi mulai dari bahan, produksi hingga pengemasan serta distribusi yang juga ramah lingkungan.

Kehadiran skincare berbasis vegan dan clean beauty pun seolah menjadi solusi karena punya peranan penting untuk menjaga kecantikan kulit sekaligus ekosistem kita.

"Keunggulan dari vegan dan clean beauty, salah satunya memiliki efektivitas yang lebih tinggi ke kulit karena ekstraksi dari tanaman menghasilkan molekul yang membuat penyerapannya lebih maksimal."

"Di dalamnya juga tidak menggunakan bahan baku non toxic, serta diformulasikan khusus agar terhindar dari bahan-bahan kimia berbahaya."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com