Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royke Lumowa Gowes Jakarta-Paris, Promosikan Wisata hingga Lingkungan

Kompas.com - 08/06/2023, 06:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Punawirawan Polri berpangkat jenderal bintang dua, Royke Lumowa siap gowes dari Jakarta ke Paris, Perancis pada 8 Juli 2023.

Perjalanan ini akan berlangsung selama satu tahun lebih dan akan berakhir pada November 2024.

Pria yang sudah menyelesaikan studi doktoral di Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia itu berencana mengimplementasikan ilmu yang baru diperoleh dengan bersepeda perseorangan keliling dunia.

Baca juga: Sederet Persiapan Royke Lumowa Gowes dari Jakarta Menuju Paris

"Tidak cuma bersepeda, tapi saya akan mengangkat isu lingkungan dan mengajak untuk melestarikan lingkungan karena bersepeda erat kaitannya dengan pengurangan polusi udara,"

Demikian ujar Royke kepada Kompas.com usai konferensi persnya di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Rute yang akan dilalui Royke nantinya akan melewati 47 negara, dengan rincian Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Laos, China, Nepal, India, Pakistan, Iran, Turki, Yunani, Bulgaria, Makedonia Utara, Albania, Montenegro, dan Bosnia.

Kemudian perjalanan gowes akan dilanjutkan menuju Monaco, Spanyol, Andorra, Portugal, Maroko, Inggris, Belgia, Belanda, Denmark, Norwegia, Swedia, Finlandia, Rusia, Latvia, Polandia, Jerman, Swiss, hingga Perancis.

Garis finish tahap pertama di Paris itu bertepatan dengan pembukaan Olimpiade Musim Panas di Paris pada tanggal 26 Juli 2024.

Momentum ini pun menjadi bagian dari spirit bahwa Indonesia siap menjadi Tuan Rumah Olimpiade pada 2036.

Setelah beristirahat beberapa hari, perjalanan akan dilanjutkan kembali dengan tujuan ke beberapa negara di Eropa yang belum disinggahi hingga November 2024.

Ada pun lima misi yang digaungkan selama perjalanan ini, mulai dari keinginannya merajut persahabatan antar-negara dalam rangka perdamaian dunia, mengajak masyarakat untuk meningkatkan aksi penyelamatan Bumi melalui pelestarian lingkungan.

Lalu ia ingin menggaungkan lagi bahwa sepeda merupakan moda transportasi yang ramah lingkungan, mempromosikan Indonesia sebagai tujuan wisata dunia dan tidak ketinggalan ingin mempromosikan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas di tahun 2036.

Lebih lanjut, dari semua rute yang akan ia sambangi, ada berapa kawasan atau negara yang rupanya mencuri perhatian Royke untuk didatangi.

Beberapa di antaranya adalah kawasan dataran tinggi China Shangri-la, yang dikenal dengan pintu gerbang menuju Tibet dengan ketinggian di atas 3000 mdpl.

"Setiap negara sangat saya nantikan, tapi ada dataran tinggi di China namanya Shangri-la di antara Tibet sebelum Nepal bikin saya penasaran."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com