Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2024, 18:41 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada beragam produk pembersih muka yang bisa dijumpai di pasaran. Termasuk, milk cleanser dan micellar water. 

Keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai pembersih wajah dari make up maupun kotoran. Lantas, apa perbedaan milk cleanser dan micellar water? 

Baca juga:

Simak ulasannya berikut ini dirangkum Kompas.com dari Cleveland Clinic, dan Health News. 

Ilustrasi membersihkan mukaThinkstockphotos Ilustrasi membersihkan muka

Perbedaan milk cleanser dan micellar water

1. Definisi 

Melansir dari Cleveland Clinic, micellar water berasal dari Perancis yakni micelle satau kumpulan molekul. Produk pembersih wajah ini, memiliki bahan utama air. 

Dermatologis Alok Vij, MD, menjelaskan, micellar water memiliki formula lembut (gentle cleanser) serta mengandung deterjen.

Disebut micellar water karena terdapat konsentrasi molekul sabun atau deterjen yang sangat ringan di dalam air. Pada dasarnya, seperti gelembung mikroskopis kecil yang mengambang di air, sehingga tidak terasa seperti larutan sabun,tapi hanya terasa seperti air,” jelasnya dilansir dari Cleveland Clinic. 

Jika micellar water berbahan utama air, maka milk cleanser terbuat dari emulsi alami lemak dan air serta serta kandungan bahan alami lainnya yang berfungsi sebagai pembersih wajah. Melansir dari Minimalist, milk cleanser memiliki tekstur yang kental, ringan, dan lembut, sehingga tidak menghilangkan minyak alami kulit saat dipakai. 

Meskipun teksturnya yang ringan dan lembut, namun milk cleanser dapat mengangkat kotoran dan sisa make up secara menyeluruh. 

2. Kandungan 

Kandungan utama micellar water adalah air yang dicampur dengan senyawa dan bahan aktif lainnya. Micellar water mengandung senyawa pembersih yang disebut micelles, sehingga bisa membersihkan sisa makeup, kotoran, dan minyak hingga ke pori-pori kulit.

Sementara itu, milk cleanser terdiri dari bahan kaya emolien seperti minyak jojoba atau minyak squalene. Selain itu, ada kandungan vitamin E maupun bahan lainnya yang bersifat alami. 

Bahan-bahan dalam milk cleanser ini, bersifat emolien dan menempel pada kotoran, untuk menghilangkannya secara perlahan, tanpa menghilangkan minyak alami kulit. 

Selain itu, milk cleanser tidak mengandung bahan berbusa atau deterjen, seperti yang terdapat dalam micellar water. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com