Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2024, 20:05 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Telur memiliki sejumlah manfaat untuk kebutuhan gizi anak, termasuk pada periode anak mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Sumber protein hewani ini memiliki kandungan asam amino lengkap, sama seperti sumber protein hewani lainnya. Oleh karena itu, telur dianggap sebagai sumber protein serbaguna dalam MPASI.

"Protein ini disusun oleh asam amino, kala asam aminonya tidak lengkap maka itu kurang baik untuk mendukung tumbuh dan kembang anak," kata ahli Gizi Masyarakat lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr dr. Tan Shot Yen dalam webinar bertajuk "Penguatan ASI Eksklusif dan MPASI dalam Upaya Pencegahan Stunting", Jumat (22/3/2024), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Tan mencontohkan, 100 gram atau sekitar dua butir telur ayam mengandung 10,8 gram lemak, 86 miligram kalsium, 258 miligram fosfor, 3 miligram zat besi, lutein, zeaxanthin, dan beragam vitamin lain, seperti Vitamin A, Vitamin E, dan Vitamin B4 atau kolin.

Seluruhnya sangat penting untuk mendukung pertumbuhan anak yang sedang menjalani MPASI.

Adanya zat besi, misalnya, membantu si kecil membentuk daya tahan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Sementara kalsium dan fosfor dapat membantu membentuk otot dan tulang yang kuat sehingga anak memiliki pertumbuhan fisik yang memadai.

Telur, menurut Tan, juga dapat menjadi penyelamat ketika anak berada dalam fase tumbuh gigi atau menunjukkan Gerakan Tutup Mulut (GTM) karena bisa diolah menjadi beragam menu makanan.

"Telur itu penyelamat saat musim lepeh, lepeh. Karena bisa diolah menjadi sup atau teksturnya dibentuk jadi panjang-panjang seperti untuk telur nasi kuning," ucapnya.

Baca juga:

Bagi para ibu, telur juga memudahkan untuk didapat karena di Indonesia kita bisa dengan mudah menemukan beragam jenis telur, seperti telur ayam, telur bebek, hingga telur puyuh yang bisa dieksplorasi menjadi sumber pangan.

@kompas.lifestyle Buat para orangtua, pasti pernah kan ngalamin anak susah minum obat waktu sakit? Rasanya pasti pusing banget tuh, gimana mau cepet sembuh coba???? Akhirnya banyak orangtua yang ngakalin buat nyampur obat pake susu. Emangnya boleh? Yuk dengerin penjelasan medisnya! #susu #anak #minumobat #parenting ? original sound - Kompas Lifestyle
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com