Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Personal Color Analysis, Cara Tepat Temukan Warna Baju dan Make Up Sesuai Skintone

Kompas.com - 09/05/2024, 20:07 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Memilih warna baju, make up, dan hijab yang sesuai dengan skintone dapat membuat penampilan lebih cerah dan selaras. Pada dasarnya, skintone atau warna kulit dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori umum, seperti hangat, dingin, dan netral, berdasarkan pada warna dasar kulit seseorang.

Skintone juga bisa digunakan untuk menggambarkan intensitas atau kecerahan warna kulit, seperti fair (cerah), medium (sedang), atau dark (gelap). Pengetahuan tentang skintone sangat penting dalam pemilihan pakaian, make up, dan aksesori untuk menciptakan penampilan yang seimbang dan menarik.

“Untuk kulit Indonesia sendiri bisa dibilang sangat beragam. Ada yang kuning langsat, lebih putih, dan sawo matang. Kulit orang Indonesia memang beragam. Beda pulau umumnya sudah beda skintone. Apalagi, misal di Jakarta yang keturunannya campur-campur, maka warna kulitnya pasti beragam,” ujar Pendiri Colourist Indonesia Zerlinda, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (9/5/2024).

Baca juga: 3 Tips Temukan Personal Colour demi Tampil Percaya Diri

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya sebagai color expert patut dipertimbangkan jasanya untuk bisa menganalisis riasan dan baju yang paling cocok untuk orang Indonesia.

“Riasan dan baju yang cocok based on Indonesian skintone, bukan Japanese, apalagi Korean skintone,” ujarnya.

Gelar workshop

Colourist Indonesia menyelenggarakan edukasi dan pelatihan (workshop) Internasional Color Analysis pertama di Indonesia dengan menghadirkan para analis warna terkemuka dari dan pengalaman di industri ini lebih dari 30 tahun. Mereka adalah Michiko Taoka dari Jepang, Jenny Park dari Korea, dan Zerlinda dari Indonesia. Acara berlangsung mulai Senin (6/4/2024) hingga Rabu (8/5/2024).

Acara itu menampilkan lebih dari 25 kandidat yang terpilih dari lebih dari 300 pelamar. Adapun gelaran acara menjadi starting point penting dalam membawa keahlian secara global untuk meningkatkan dan memperkuat posisi Colourist Indonesia sebagai pionir dalam industri personal color analysis.

Untuk diketahui, Colourist Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan standar analisis warna dengan menyediakan akses ke tren dan teknik personal color internasional.

Baca juga: Apa Itu Color Analysis dan Dampaknya pada Penampilan Kita

Workshop itu digelar tidak hanya untuk memberikan pengetahuan, tetapi juga menyelaraskan pentingnya teori warna dalam industri kecantikan dengan keberagaman warna kulit dan estetika di Indonesia.

Sebagai informasi, personal color analysis atau konsultasi warna adalah metode konsultasi untuk menentukan warna terbaik pada diri masing-masing. Tren ini bermula dari negara Korea dan Jepang.

"Misi kami adalah terus memimpin dan berinovasi dalam industri color analysis dan fashion. Dengan memperkenalkan perspektif global yang langsung disesuaikan dengan keberagaman dan keindahan warna individu di Indonesia, kami berkomitmen untuk menjadi pionir dalam menetapkan standar baru di industri warna fashion dan kecantikan di Indonesia," jelas Zerlinda.

Colourist mengundang wanita ataupun pria di seluruh Indonesia untuk mengetahui warna pribadi terbaik yang mereka miliki untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka, mulai dari warna pakaian, makeup, hinga style yang paling cocok.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com