Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Forest Bathing, Redakan Stres dan Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Kompas.com - 13/05/2024, 14:43 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Istilah forest bathing memang masih belum begitu familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Namun demikian, forest bathing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. 

Lantas, apa itu forest bathing dan apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Byrdie, Cleveland Clinic, dan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Baca juga: Apa Itu Forest Bathing?

Apa itu forest bathing

Ilustrasi forest bathingFreepik /Pvproductions Ilustrasi forest bathing

Forest bathing dikenal juga sebagai terapi hutan. Forest bathing adalah kegiatan yang melibatkan pengalaman sensorik di alam terbuka, khususnya hutan, dilansir dari Byrdie.

Ahli Kesehatan Mental, Linnea Passaler mengatakan, aktivitas forest bathing melibatkan seluruh indera manusia untuk membenamkan diri dalam alam.

“Kamu menggunakan seluruh indra untuk menyerap alam, mendengarkan gemerisik dedaunan, mengamati dedaunan hijau, mencium aroma tanah, dan merasakan tekstur kulit kayunya," ujarnya dalam Byrdie

Istilah forest bathing pertama kali diperkenalkan Qing Li, salah satu Dokter Fakultas Kedokteran Nippon Medical School, dikutip dari laman resmi Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Qing Li memperkenalkan istilah forest bathing melalui buku berjudul Shirin-Yoku: The Art and Science of Forest Bathing. Adapun istilah forest bathing berasal dari Jepang yaitu shirin yoku, yang berarti mandi hutan jika diartikan secara harfiah.  

Baca juga: Tampil Keren saat Beraktivitas di Alam, Mengapa Tidak?

Dalam laman Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), forest bathing merupakan kegiatan menikmati hutan dengan cara berjalan kaki mengelilinginya dan menikmati apa yang ada di hutan tersebut, yang bertujuan untuk menyegarkan tubuh secara emosional.

Manfaat forest bathing 

Forest bathing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Menariknya, manfaat forest bathing tersebut bisa didapatkan secara murah meriah tanpa merogoh kocek dalam-dalam. 

Berikut manfaat positif forest bathing bagi tubuh dilansir dari Cleveland Clinic. 

1. Meningkatkan kesehatan tubuh 

Beberapa studi mengungkapkan bahwa forest bathing bermanfaat pada kesehatan tubuh. Misalnya, studi pada 2010 menemukan bahwa orang yang berjalan kaki di hutan selama empat jam dalam sehari, memiliki tingkat protein pembunuh kanker dan sel kekebalan tubuh yang lebih tinggi.

Sementara, penelitian lain pada 2011 menemukan bahwa forest bathing berdampak positif pada tekanan darah dan adiponektin, yakni protein yang membantu mengatur kadar gula darah.

Namun penelitian terbaru meragukan beberapa temuan pada studi tersebut. Ditemukan bahwa tidak serta merta berdampak pada tekanan darah, namun dapat mengurangi depresi secara signifikan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com