Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mengatasi Kerutan Wajah yang Terbentuk Saat Tidur?

Kompas.com - 13/05/2024, 18:28 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terbangun dengan garis-garis halus atau kerutan di wajah mungkin menjadi mimpi buruk bagi banyak orang, terutama para perempuan.

Kerutan saat tidur (sleep wrinkles) umumnya bersifat sementara di usia muda dan bisa menghilang seiring berjalannya waktu.

Namun, dengan bertambahnya usia, kulit kita kehilangan elastisitas sehingga kerutan-kerutan yang terbentuk saat kita tidur cenderung akan menetap.

Banyak faktor termasuk hidrasi yang tidak memadai, merokok, paparan sinar matahari dan ekspresi wajah yang berulang-ulang (seperti garis tawa dan alis yang menyempit) menyebabkan kulit berkerut.

Selain itu, posisi tidur tertentu juga dapat mempercepat penuaan.

Bahkan, tidur menyamping dan tekanan berlebih yang diberikan pada wajah juga dapat mempercepat timbulnya garis-garis halus dan keriput.

Seperti dikutip dari laman The New York Post, pada Senin (13/5/2024), saat kita tidur miring atau tengkurap, kulit wajah lebih banyak tertekan dan tertindih dibandingkan jika kita tidur telentang.

Ketika kita tidur miring atau tengkurap, gravitasi akan menekan wajah ke bantal sehingga kulit wajah akan terdistorsi karena kulit diregangkan, dikompresi, dan ditarik ke segala arah saat kita bergerak ketika tidur.

Baca juga: Posisi Tidur Bisa Menentukan Kesehatan Kita, Mana yang Terbaik?

Cara mengatasi kerutan saat tidur

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi terbentuknya kerutan wajah saat tidur adalah dengan mengubah posisi tidur menjadi telentang.

Kemudian, tidurlah di atas bantal dengan sarung sutra jika bisa.

Sarung bantal sutra dapat mengurangi gesekan dan tekanan sehingga kulit dapat meluncur di atas kain dan bukannya tertarik.

Selain itu, sutra juga dapat menyerap lebih sedikit kelembapan dibandingkan bahan populer lainnya seperti katun yang memungkinkan kulit mempertahankan kelembapannya.

Tak hanya itu, sutra cenderung tidak menyerap lotion, minyak, dan serum sehingga memastikan rutinitas perawatan kulit malam hari kita tetap berada di tempat yang paling dibutuhkan.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menambahkan nutrisi pada kulit dengan rutinitas perawatan yang tepat untuk meningkatkan elastisitas dan mengurangi pembentukan garis-garis tidur atau kerutan lainnya.

Misalnya, produk skincare yang mengandung asam hialuronat (hyaluronic acid) dapat menjaga kolagen dan elastin kulit, menstimulasi produksi kolagen, dan menambah hidrasi, yang dapat membantu memperlambat pembentukan kerutan.

Kandungan ini juga menjadi salah satu bahan aktif yang paling umum digunakan dalam krim, gel, dan losion perawatan kulit, yang berarti aman untuk kulit kita.

Baca juga: 8 Bahan Perawatan Kulit yang Membantu Mengurangi Keriput

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com