Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Harus Mencuci Wajah jika Berjerawat?

Kompas.com - 16/05/2024, 13:27 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jerawat sering kali menjadi momok bagi banyak orang, terutama remaja dan dewasa muda.

Selain membuat tidak percaya diri, jerawat juga kerap kali menimbulkan rasa tidak nyaman.

Salah satu langkah yang umum dilakukan untuk merawat kulit berjerawat adalah mencuci wajah.

Namun, seberapa sering sebenarnya kita harus mencuci wajah jika berjerawat?

Jangan mencuci kulit wajah secara berlebihan

Ada kesalahpahaman bahwa minyak sama dengan jerawat, atau jerawat menyiratkan bahwa kulit kita "kotor" dan harus segera dibersihkan. Kenyataannya, terdapat banyak hal yang dapat memicu timbulnya jerawat dan membersihkan wajah secara berlebihan bukanlah solusi yang tepat.

"Karena mencuci wajah dapat menghilangkan riasan, kotoran, dan bakteri, orang yang berjerawat cenderung berpikir bahwa mencuci wajah lebih sering akan membantu menghilangkan atau mengurangi jerawat," kata Carl Thornfeldt, MD, dokter kulit klinis.

"Namun, terlalu sering mencuci atau mencuci dengan cara yang agresif justru dapat mengiritasi dan merusak pelindung kulit, sehingga menyebabkan lebih banyak jerawat."

Baca juga: 7 Mitos Menyesatkan Soal Mencuci Muka, Malah Merusak Kulit

Carl menambahkan bahwa banyak pembersih, terutama yang mengandung bahan pembersih jerawat seperti asam salisilat atau benzoil peroksida akan menghilangkan minyak secara berlebihan.

Jika digunakan terlalu banyak atau sering, bahan-bahan ini bisa secara tidak sengaja menghilangkan minyak yang sebenarnya diperlukan untuk menjaga kulit tetap sehat.

"Jika minyak yang menjaga pelindung kulit terus menerus dibersihkan, kulit akan memproduksi sebum secara berlebihan, yang menyumbat pori-pori, mendorong peradangan dan kemerahan pada kulit, dan dapat menyebabkan lebih banyak jerawat," kata Dr. Carl.

Seberapa sering mencuci wajah jika berjerawat?

Setiap dokter kulit setuju bahwa mencuci wajah dua kali sehari biasanya cukup, sekali di pagi hari, dan sekali di malam hari. Pencucian di pagi hari akan menghilangkan minyak berlebih yang dihasilkan semalaman, sementara pencucian di malam hari akan membersihkan riasan, kotoran, dan bakteri yang terakumulasi sepanjang hari.

Satu-satunya pengecualian ialah bahwa kita harus mencuci muka setelah berolahraga, kata Rebecca Marcus, MD, dokter kulit bersertifikat.

"Kita tidak boleh membiarkan keringat dan sebum menempel di kulit setelah berolahraga, jadi situasi ini terkadang memerlukan pembersihan tambahan di siang hari."

Ciri-ciri dari terlalu sering mencuci muka atau perawatan kulit yang terlalu agresif adalah kulit bersisik, kekeringan yang berlebihan, produksi minyak yang meningkat, kemerahan, kulit terasa kencang, dan kulit menjadi sensitif. Salah satu yang paling terlihat adalah kulit bersisik, kering, dan kencang yang masih terasa berminyak.

Baca juga: 10 Mitos Mencuci Muka yang Tak Bisa Dipercaya Menurut Ahli Dermatologi

Cara memilih pembersih wajah untuk kulit berjerawat

Hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk meredakan jerawat adalah dengan memprioritaskan kesehatan lapisan pelindung kulit dan bersikap lembut pada kulit.

"Sangat penting untuk menggunakan pembersih yang lembut yang dirancang untuk kulit berjerawat dan hindari menggosok atau menggunakan eksfoliator yang keras, yang dapat mengiritasi kulit dan memperparah jerawat," saran Dusan Sajic, MD, dokter kulit medis dan kosmetik yang telah tersertifikasi internasional.

Jika kulit sudah bersih dan jerawat sudah tidak ada lagi, beralihlah ke pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol dan lembut, lanjutkan mencuci wajah di pagi dan malam hari seperti biasa.

Selain mencuci dengan pembersih yang lembut dua kali sehari, Dr. Sajic memiliki beberapa tips dan trik tambahan untuk membantu meminimalkan dan meredakan jerawat:

  1. Hindari menyentuh wajah sepanjang hari
  2. Gunakan tisu yang bersih untuk mengeringkan wajah
  3. Lembapkan setiap kali kamu mencuci muka dengan produk bebas minyak
  4. Ganti sarung bantal setiap seminggu sekali
  5. Menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur
  6. Kelola stres
  7. Pertimbangkan perawatan di klinik profesional yang menargetkan jerawat, seperti laser atau chemical peeling
  8. Bicaralah dengan dokter kulit tentang kasus jerawat yang parah atau ekstrem sehingga kamu dapat menargetkan penyebabnya dan membuat rencana perawatan untuk mendapatkan kulit yang bersih

Baca juga: 10 Kesalahan Mencuci Muka yang Bikin Jerawatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com