Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Miss USA “Resign”, Diduga karena Lingkungan Tak Bersahabat

Kompas.com - 16/05/2024, 16:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber CNN

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama mengabdi sebagai Miss USA, para ratu kontes sangat menonjol. Mereka kerap tampil di acara-acara besar dan mengadvokasi isu-isu penting dan berbicara di acara publik.

Namun, ada kabar yang mengejutkan dalam dunia ratu kontes Amerika Serikat. Dua Miss USA, Miss USA 2023 Noelia Voight dan Miss USA Teen 2023 UmaSofia Srivastava, memutuskan untuk “resign” dari mahkotanya.

Disadur dari CNN, Kamis (16/5/2024), keduanya mengundurkan diri sebagai pemegang tahta Miss USA hanya berselang dua hari.

Berdasarkan informasi dari orang-orang dalam lingkup tersebut, mereka tidak melakukan tugasnya seperti biasa.

Organisasi mereka, dalam hal ini Miss USA Organization, berantakan, dan tampaknya menjadi penyebab yang tidak bisa menyuarakan pengalaman dan kekhawatiran mereka.

Miss USA Organization dikecam

Miss USA Organization, penyelenggara kontes Miss USA dan Miss USA Teen, mendapat kecaman di tengah tuduhan kesalahan dalam kepengurusan organisasi.

Mereka pun dituduh memiliki lingkungan kerja yang tidak bersahabat, dan kondisi yang menyebabkan Voigt mengundurkan diri dengan alasan bahwa perannya berdampak pada kesehatan mentalnya.

Sementara itu, Srivastava yang mewakili New Jersey mengeluarkan pernyataan di Instagram bahwa nilai-nilai pribadinya sudah tidak sepenuhnya selaras dengan organisasi tersebut.

Voigt menulis unggahan yang lebar dan ambigu tentang kesehatan mentalnya. Namun, pesannya menjadi viral karena sebuah pesan tersembunyi, yaitu huruf pertama dari 11 kalimatnyaa berbunyi “saya dibungkam” atau “I am silenced”.

“Kami menghormati dan mendukung keputusan Noelia untuk mundur dari tugasnya. Kesejahteraan pemegang gelar kami adalah prioritas utama, dan kami memahami kebutuhannya untuk memprioritaskan dirinya saat ini,” ujar Miss USA dalam sebuah pernyataan.

Dukungan dari sesama pemegang gelar

Mundurnya Voigt dari gelarnya memunculkan dukungan dari sesama pemegang gelar Miss USA. Salah satunya adalah Miss North Carolina USA 2023, Jordyn Ashlee McKey.

Dukungan juga datang dari Miss Wisconsin USA 2023 Alexis Loomans dan Miss New York USA Rachelle di Stasio. Ketiganya adalah pemegang gelar yang turut berkompetisi bersama Voigt untuk Miss USA.

Mereka membagikan pesan di media sosial untuk mendukung Voigt, dan meminta Miss USA Organization untuk melepaskan Voigt dari klausul perjanjian kerahasiaan (non-disclosure agreements clause) dalam kontraknya untuk selamanya.

Dengan demikian, Voigt dapat dengan bebas berbicara tentang pengalaman dan waktunya sebagai Miss USA.

Perwakilan PR untuk Srivastava dan Voigt sekaligus Miss Oregon USA 1994, Denise White, menduga bahwa keduanya dibatasi oleh perjanjian kerahasiaan yang sangat ketat dalam kontrak mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com