Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2024, 16:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada berbagai cara untuk menyembuhkan jerawat di wajah, salah satunya adalah menggunakan acne patch atau pimple patch. Produk perawatan kulit berjerawat ini, mulai populer dalam beberapa tahun terakhir sehingga mudah dijumpai di toko maupun marketplace

Acne patch dinilai lebih praktis dalam menyembuhkan jerawat di wajah. Selain praktis, acne patch juga punya bentuk lucu sehingga tidak menganggu penampilan. 

Baca juga: Jerawat di Usia Dewasa, Penyebab dan Pengobatannya

Lantas, apa itu acne patch? Apakah acne patch efektif menyembuhkan jerawat? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Healthline dan Rumah Sakit Pusat Pertamina.

Apa itu acne patch? 

Ilustrasi memakai acne patchShutterstock/Zigres Ilustrasi memakai acne patch

Acne patch atau pimple patch merupakan produk perawatan jerawat yang meradang di permukaan kulit, dilansir dari Healthline. Sesuai namanya, acne patch berupa tempelan menyerupai stiker kecil dengan bentuk lucu.

Sebagian besar acne patch bentuknya stiker kecil transparan, namun ada juga yang berwarna. Ternyata, acne patch memang sengaja dibuat dengan warna dan bentuk lucu guna melawan stigma negatif jerawat yang kerap dinilai menganggu penampilan sehingga mengurangi rasa percaya diri. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Parah di Wajah menurut Dokter

Cara pakainya cukup praktis, hanya dengan menempelkan acne patch pada jerawat yang tengah meradang di permukaan kulit. 

Data American Academy of Dermatology (AAD) mengungkapkan, sekitar 50 juta orang setiap tahunnya mengalami jerawat. Tidak hanya orang yang berada dalam masa pubertas, jerawat juga rentan dialami oleh orang dewasa, khususnya perempuan. 

Tak hanya penampilan, sebuah studi juga mengungkapkan bahwa jerawat dapat berdampak pada kesehatan mental. Misalnya, sebuah penelitian pada 2016 menemukan bahwa 45 persen orang yang berjerawat mengalami fobia sosial, dibandingkan dengan orang yang tidak berjerawat.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com