Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Menjaga Tubuh Bisa Bikin Seseorang Lebih Percaya Diri

Kompas.com - 16/05/2024, 20:29 WIB
Nabilla Ramadhian,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbicara tentang menjaga tubuh, sebagian orang mungkin mengira hal tersebut hanya berdampak pada fisik.

Melalui pola makan yang sehat, seseorang bisa menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit. Namun, menjaga tubuh juga berdampak pada kepercayaan diri.

Dikutip dari Verywell Mind, Kamis (16/5/2024), menjaga tubuh merupakan salah satu tips untuk menjadi lebih percaya diri berdasarkan gagasan bahwa sulit untuk merasa nyaman dengan diri sendiri jika kamu menyiksa tubuhmu.

“Merawat tubuh tidak hanya berarti tampil menarik,” papar Hannah Owens selaku Licensed Master Social Worker (LMSW),.

“Saat kamu menjadikan diri sendiri dan perawatan diri sebagai prioritas, kamu menunjukkan kepada dunia bahwa kamu penting, yang mana dapat meyakinkan orang lain untuk merasakan hal yang sama terhadapmu,” sambung dia.

Baca juga: Alasan Merawat Diri Penting untuk Kesehatan 

Ketika kamu merawat diri, kamu tahu bahwa kamu melakukan sesuatu yang positif untuk pikiran, tubuh, dan jiwamu. Hasilnya, kamu akan secara alami merasa lebih percaya diri. 

Cara merawat diri

Ini beberapa praktik perawatan diri yang berkaitan dengan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi:

Diet

Makan sehat memberikan banyak keuntungan, termasuk tingkat kepercayaan diri dan harga diri yang lebih tinggi. Saat kamu mengisi tubuh dengan makanan penuh nutrisi, kamu merasa lebih sehat, kuat, dan berenergi.

Olahraga

Penelitian secara konsisten menunjukkan, latihan fisik meningkatkan rasa percaya diri. Sebagai contoh, sebuah penelitian pada 2016 menunjukkan, aktivitas fisik secara teratur meningkatkan body image para partisipan. Ketika body image mereka meningkat, mereka merasa lebih percaya diri.

Meditasi

Meditasi lebih dari sekadar latihan relaksasi. Meditasi dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri melalui beberapa cara.

Pertama, meditasi membantumu mengenali dan menerima diri sendiri. Meditasi pu mengajarkanmu untuk menghentikan pembicaraan negatif pada diri sendiri, dan memutus hubungan dari obrolan mental yang mengganggu kepercayaan dirimu.

Tidur

Kurang tidur bisa berdampak buruk pada emosimu. Sementara kualitas tidur yang baik berkaitan dengan ciri kepribadian positif, termasuk optimisme dan harga diri.

Baca juga: Merawat Diri Bukan Egois: Ini Tips Menjadikan Diri Sendiri Prioritas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com