Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2024, 09:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Parfum adalah aksesori tak kasat mata yang berfungsi sebagai sentuhan akhir pada pakaian dan penampilan kita.

Parfum dapat memunculkan beragam suasana hati, mulai dari seksi dan bergairah, bersemangat dan riang, hingga bersahaja dan misterius. Parfum pun dapat memicu emosi dan kenangan yang terkunci jauh di lubuk hati terdalam.

Ada banyak parfum untuk dipilih dari berbagai rentang harga. Namun, apa faktor yang memengaruhi harga jual sebuah parfum? Apakah parfum mahal lebih layak untuk dibeli?

Baca juga: 5 Tips Beli Parfum Mahal agar Tak Rugi

Kenapa parfum mahal?

Dikutip dari Real Simple, Kamis (16/5/2024), banyak hal yang dilakukan dalam pengembangan parfum dari tahap awal sampai akhir, mulai dari sumber bahan, aroma, hingga kemasannya.

1. Konsepsi wewangian

Mengembangkan profil wewangian yang halus dan seimbang memerlukan kekuatan otak dan pemahaman yang tajam akan ilmu wewangian.

“Biasanya, sesuatu yang lebih murah tidak terlalu rumit, serta lebih sederhana dan jelas,” kata seorang pakar wewangian bernama Aimee Majoros.

Misalnya, lanjut dia, kamu akan bisa mencium satu aroma dengan sangat jelas. Sering kali, aroma yang tercium adalah lapisan pertama aroma (top notes atau head notes), seperti wangi lemon atau bunga.

Sedangkan parfum yang mahal dan dirancang dengan baik cenderung memiliki kesan yang misterius, rumit, dan sulit ditebak.

“Kamu tidak bisa mengidentifikasi apa aroma-aroma yang ada,” terang Majoros.

Dia menambahkan, wangi parfum seperti itu cenderung berkembang menjadi indah saat menempel pada kulit.

Selain itu, fase ide dan konsepsi, ditambah dengan pengujian hingga aroma parfum benar-benar sempurna, membutuhkan waktu dan pengalaman.

Bahkan, para ahli yang sangat handal dalam rentetan proses tersebut dapat mematok biaya yang sangat mahal.

Baca juga: Khusus Pria, Begini 5 Cara Mudah Memilih Parfum yang Tepat

2. Kualitas bahan

Produsen wewangian yang ahli dalam bidangnya juga membutuhkan anggaran yang besar untuk mengembangkan wewangian yang luar biasa.

Pembuat parfum bernama Darryl Do mengungkapkan, parfum murah akan menggunakan minyak sintetis mawar, melati, dan lain-lain.

Parfum mahal menggunakan minyak alami yang kualitasnya membedakan mereka dari minyak berharga murah,” kata Do.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com