Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Tanda Bahasa Tubuh yang Mengisyaratkan Kurangnya Chemistry Romantis

Kompas.com - 17/05/2024, 13:38 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber geediting

KOMPAS.com - Dalam dunia percintaan, seringkali kita mencari tanda-tanda yang jelas untuk mengetahui apakah ada chemistry yang kuat antara dua orang.

Namun, terkadang hal-hal kecil yang sering terabaikan, seperti bahasa tubuh, dapat memberikan petunjuk yang kuat tentang hubungan tersebut.

Di balik kata-kata dan senyuman, tersembunyi sinyal-sinyal yang mengisyaratkan kurangnya chemistry romantis.

Baca juga: 10 Bahasa Tubuh yang Menandakan Seseorang Tertarik padamu

Bahasa tubuh pertanda kurangnya chemistry romantis

Inilah 11 tanda bahasa tubuh yang seringkali tidak banyak diketahui, namun bisa menjadi indikator penting:

1. Menghindari kontak mata secara halus

Mungkin kita semua pernah merasa sedikit gugup saat berhadapan dengan seseorang yang kita sukai, tetapi menghindari kontak mata yang terlalu minim bisa menjadi tanda bahwa chemistry tidak begitu terjalin. Ketika seseorang menghindari kontak mata, bisa jadi mereka merasa tidak nyaman atau tidak tertarik.

2. Postur tubuh yang tertutup dan kaku

Bahasa tubuh yang tertutup, seperti menyilangkan lengan atau berdiri dengan kaki yang rapat, bisa menunjukkan bahwa seseorang sedang menjaga jarak emosional. Mereka mungkin tidak merasa terbuka atau nyaman dalam situasi tersebut.

3. Menghindari sentuhan fisik secara halus

Sentuhan adalah cara yang kuat untuk menyampaikan perasaan dan membangun ikatan. Namun, jika ada upaya untuk menghindari sentuhan fisik, seperti menggeser tubuh atau menarik diri saat sentuhan terjadi, ini bisa menjadi pertanda bahwa chemistry kurang terasa.

Baca juga: 8 Bahasa Tubuh Tanda Tidak Setuju yang Perlu Diperhatikan

4. Kurangnya kesesuaian gerakan

Ketika dua orang memiliki chemistry yang kuat, mereka cenderung mencerminkan gerakan dan ekspresi satu sama lain.

Namun, jika tidak ada pemantulan atau kesesuaian dalam gerakan atau bahasa tubuh, ini bisa menjadi tanda bahwa hubungan tersebut tidak begitu bagus.

5. Senyum atau tawa yang minim

Senyum dan tawa adalah tanda kebahagiaan dan kenyamanan. Jika seseorang jarang tersenyum atau tertawa di sekitamu, ini bisa menjadi indikasi bahwa mereka tidak begitu menikmati interaksi tersebut.

6. Gugup dan bergeser-geser tubuh

Ketidaknyamanan sering kali terungkap melalui gerakan tubuh yang gelisah, seperti bergeser-geser atau menggerakkan kaki. Ini bisa menandakan bahwa seseorang merasa canggung atau tidak nyaman dalam situasi tersebut.

Baca juga: 7 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Seseorang Menyukaimu

7. Kurangnya keceriaan dalam suara dan minimnya minat berbincang

Ketika chemistry romantis terjalin, percakapan cenderung menjadi hidup dan penuh dengan keceriaan. Namun, jika suara terdengar monoton atau kurang bersemangat, dan minat untuk berbincang terasa minim, ini bisa menjadi pertanda bahwa chemistry kurang terasa.

8. Tindakan blokade yang tidak sadar

Kadang-kadang, kita secara tidak sadar melakukan tindakan yang menghalangi ikatan emosional. Misalnya, menghadap tubuh menjauh dari lawan bicara atau meletekkan benda di antara satu sama lain. Tindakan semacam ini bisa menunjukkan ketidaknyamanan atau ketidakminatan.

9. Perbedaan bahasa tubuh yang tidak sinkron

Ketika dua orang memiliki chemistry yang kuat, bahasa tubuh mereka cenderung sinkron satu sama lain. Namun, jika ada perbedaan besar dalam bahasa tubuh, seperti gerakan yang berlawanan arah atau ekspresi wajah yang tidak sejalan, ini bisa menjadi tanda kurangnya keterikatan.

10. Tidak mencondongkan badan ke depan

Ketika seseorang tertarik pada lawan bicara, mereka cenderung mencondongkan tubuh mereka ke depan sebagai tanda ketertarikan dan keterbukaan. Namun, jika seseorang tetap tegak atau bahkan sedikit mundur, ini bisa menjadi pertanda bahwa mereka tidak begitu terhubung secara emosional.

11. Tanda-tanda kecapekan fisik dan kebosanan

Ketika chemistry tidak terasa, seseorang mungkin menunjukkan tanda-tanda kelelahan fisik dan kebosanan, seperti mata yang terlihat lesu atau gerakan tubuh yang lambat. Ini bisa menjadi pertanda bahwa mereka tidak merasa terhubung secara emosional atau tidak tertarik dalam interaksi tersebut.

Baca juga: 7 Kesalahan Bahasa Tubuh yang Sering Tidak Disadari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com