Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Cara Pakai Acne Patch untuk Mengobati Jerawat 

Kompas.com - 19/05/2024, 19:22 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Acne patch atau pimple patch menjadi salah satu alternatif obat jerawat yang populer pada beberapa waktu terakhir. Produk perawatan jerawat ini, terbukti efektif mengobati jerawat meradang di permukaan kulit.

Selain itu, acne patch aman digunakan untuk kulit berjerawat karena terbuat dari bahan yang tidak berbahaya bagi kulit dan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit, dikutip dari situs Rumah Sakit Pusat Pertamina. 

Baca juga: Apa Itu Acne Patch? 

Bentuk acne patch berupa plester transparan dengan kandungan hidrokoloid. Melansir dari Everyday Health dan Healthline, hidrokoloid merupakan bahan yang dapat menyerap cairan, sehingga membantu mengeringkan jerawat.

Debra Jaliman, Dokter Kulit yang berbasis di New York, AS, menjelaskan, acne patch bekerja dengan cara menyerap cairan dalam jerawat, baik nanah, komedo, maupun minyak berlebih. Jadi, acne patch dapat membantu mengeringkan jerawat pada permukaan kulit yang meradang. 

“Plester ini efektif karena menyerap cairan berlebih dan memiliki efek seperti vakum yang menghilangkan kotoran dan minyak, penyebab timbulnya jerawat,” kata Jaliman, yang juga Penulis Skin Rules dalam Everyday Health.

Ilustrasi perempuan pakai acne patchShutterstock/New Africa Ilustrasi perempuan pakai acne patch

Namun, dikutip dari Healthline, acne patch hanya dapat membantu menyembuhkan jerawat di permukaan yang lebih mudah diobati, atau dikenal sebagai jerawat superfisial. 

Pada umumnya, jerawat superfisial berupa benjolan yang berisi nanah, komedo hitam, komedo putih, maupun minyak berlebih. 

Dokter Kulit di San Francisco, Lavanya Krishnan mengatakan, acne patch tidak efektif untuk jerawat pada bagian kulit yang lebih dalam, seperti jerawat kistik atau jerawat batu. 

“Kecil kemungkinan acne patch ini dapat menembus ke bagian (kulit) lebih dalam, yang dapat membantu mengatasi jerawat kistik,” kata Krishnan dalam Healthline

Baca juga: Apakah Acne Patch Aman untuk Mengobati Jerawat? 

Selain membantu mengeringkan jerawat, acne patch juga memiliki manfaat lain yang membantu proses penyembuhan jerawat.

Sebut saja, acne patch melindungi jerawat dari bakteri dan paparan sinar matahari yang dapat memperburuk kondisinya. Selain itu, acne patch mencegah seseorang untuk menyentuh langsung dan memencet jerawat. 

Para peneliti juga menemukan bahwa acne patch yang mengandung hidrokoloid, membantu menyembuhkan sel-sel kulit lebih cepat karena punya sifat antibakteri, dilansir dari WebMD

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com